Jaringan TCP/IP


TCP/IP adalah sekumpulan protokol yang didesain untuk melakukan fungsi-fungsi komunikasi data pada Wide Area Network (WAN). Protokol TCP/IP terdiri atas empat layer kumpulan protokol sebagaimana gambar dibawah ini.
Layer TCP/IP
Layer TCP/IP
  1. Network Interface Layer. Bertanggung jawab menerima dan mengirim data dari dan ke media fisik. Media fisik dapat berupa kabel, serat optik, atau gelombang radio.
  2. Internet Layer. Bertanggung jawab dalam melakukan proses pengiriman paket ke alamat yang tepat. Protokol pada layer ini adalah IP, ARP dan ICMP.
  3. Transport Layer. Bertanggung jawab dalam melakukan komunikasi antara dua komputer. Protokol pada layer ini adalah TCP (Transmission Control Protocol) dan UDP (User Datagram Protokol). Untuk kedua protokol ini akan dibahas lebih lanjut pada subbab selanjutnya.
  4. Application Layer. Merupakan layer tempat semua aplikasi yang menggunakan protokol TCP/IP, seperti FTP, Web Browser, Telnet, dan sebagainya.

Internet Protocol (IP)

Protokol IP merupakan inti dari protokol TCP/IP. Seluruh data yang berasal dari protokol pada layer di atas IP harus dilewatkan, diolah oleh protokol IP dan dipancarkan sebagai paket IP agar sampai ke tujuan. Dalam melakukan pengiriman data, IP memiliki sifat yang dikenal sebagai unrealiable berarti protokol IP tidak menjamin datagram yang dikirim pasti sampai ke tujuan. Protokol IP hanya berjanji akan mealkukan usaha sebaik-baiknya (best effort delivery service), agar paket tersebut sampai ke tujuan.

Format Datagram IP
Format Datagram IP

Transmission Control Protocol (TCP)

Transmission Control Protocol (TCP), merupakan protokol yang terletak di layer transport. Protokol ini menyediakan pelayanan yang dikenal sebagai connection oriented berarti sebelum melakukan pertukaran data, dua pengguna TCP harus melakukan pembentukan hubungan (handshake) terlebih dahulu. Reliable berati TCP menerapkan proses deteksi kesalahan paket dan retransmisi. Byte stream service berati paket dikirimkan dan sampai ke tujuan secara berurutan.

Format Segmen TCP
Format Segmen TCP

User Datagram Protocol (UDP)

User Datagram Protocol (UDP) merupakan protokol transport yang sederhana. Berbeda dengan TCP yang connection oriented, UDP bersifat connectionless. Dalam UDP tidak ada sequencing (pengurutan kembali) paket yang datang, acknowledgement terhadap paket yang datang, atau retransmisi jika paket mengalami masalah di tengah jalan.

UDP digunakan oleh aplikasi-aplikasi yang secara periodik melakukan aktivitas tertentu (misalnya query tabel routing pada jaringan lokal), serta hilangnya satu data akan dapat diatasi pada query periode berikutnya dan melakukan pengiriman data ke jaringan lokal. Pendeknya jarak tempuh datagram akan mengurangi kerusakan data. UDP bersifat broadcasting dan multicasting. Pengiriman datagram ke banyak client sekaligus akan efisien jika prosesnya mrnggunakan metode connectionless.

Format Datagram UDP
Format Datagram UDP

Routing dalam jaringan TCP/IP

Routing berarti melewatkan paket IP menuju sasaran. Alat yang berfungsi melakukan paket ini disebut dengan router. Agar mampu melewatkan paket data antar jaringan, maka router minimal harus mempunyai dua buah alamat IP pada network interface. Proses routing dilakukan secara hop by hop. IP Tidak mengatahui jalur keseluruhan menuju setiap paket. IP routing hanya menyediakan IP address dari router berikutnya (next hop router) yang menurutnya lebih dekat ke host tujuan.

Routing Paket
Routing Paket
Sistem hanya bisa mengirim paket pada divais lain yang terhubung ke dalam jaringan fisik yang sama. Paket dari A1 dengan tujuan C1 diteruskan melalui router G1 dan G2. Host A1 pertama kali mengirim paket ke router G1 (karena G1 terhubung ke tempat dimana host A1 berada). Kemudian router G1 mengirimkan paket ke router G2 melalui jaringan B. Dan akhirnya G2 terhubung ke jaringan C langsung menyampaikan paket ke alamat tujuan, host C1.

Daftar Pustaka

  • Purbo, W Onno, Adnan Basalamah, Ismail Fahmi, dan Achmad Husni Thamrin, TCP/IP, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 1998.
  • Syukri, Muhammad, ST,. PC Router dengan GNU/Linux, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2003.
Jangan lupa membagikan referensi ini jika bermanfaat

Terimakasih