Tombol Tekan (Push Botton)


Tombol Tekan
Tombol Tekan
Tombol tekan adalah bentuk saklar yang paling umum dari pengendali manual yang dijumpai di industri. Tombol tekan NO (Normally Open) menyambung rangkaian  ketika tombol ditekan dan kembali pada posisi terputus ketika tombol dilepas. Tombol tekan NC (Normally Closed)  akan memutus rangkaian apabila tombol ditekan dan kembali pada posisi terhubung ketika tombol dilepaskan.

Ada juga tombol tekan yang memiliki fungsi ganda, yakni sudah dilengkapi oleh dua jenis kontak, baik NO maupun NC. Jadi tombol tekan tersebut dapat difungsikan sebagai NO, NC atau keduanya. Ketika tombol ditekan, terdapat kontak yang terputus (NC) dan ada juga kontak yang terhubung (NO). Beberapa bentuk tombol tekan dapat dilihat pada gambar 1 di bawah ini.

Simbol Tombol Tekan

Simbol dari tombol tekan dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Simbol Tombol Tekan
Simbol Tombol Tekan

Prinsip Kerja Tombol Tekan

Prinsip kerja tombol tekan
Prinsip kerja tombol tekan
Ilustrasi prinsip kerja tombol tekan dapat dilihat pada gambar di atas. Pada gambar (a) tersebut diperlihatkan posisi tombol dalam keadaan belum di sentuh. Gambar (b) menunjukkan tombol tekan sedang ditekan dan gambar (c) saat tekanan pada  tombol telah  dilepaskan.  Perbedaan fungsi masing-masing kontak dilihat dari hidup dan matinya lampu (lampu R dan G) secara bergantian. Dalam prakteknya tombol tekan difungsikan sebagai tombol untuk menjalankan rangkaian kontrol (START) dan mematikan rangkaian kontrol (STOP).

Daftar Pustaka

  • Aritonang, Boas,  Drs. 2005. Peralatan Kontrol pada Sistem Tenaga Listrik dan Pnuematik. Medan : PPPG Teknologi Medan
  • Indonesia Australia Partnership For Skills Development. 2002.  Mengidentifikasi Komponen dan Peralatan Elektronika. Batam : Batam Institutional Development Project. 2002.
Jangan lupa membagikan referensi ini jika bermanfaat

Terimakasih