Permainan Bola Voli


Pengertian Permainan Bola Voli

Permainan Bola Voli
Ilustrasi Permainan Bola Voli
Bola voli adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim dalam setiap lapangan dengan dipisahkan oleh sebuah net. Permainan bola voli menurut pendapat Pengurus Besar PBVSI (2001:3) adalah suatu olahraga beregu yang dimainkan oleh dua regu dalam tiap lapangan dengan dipisahkan oleh net. Tujuan dari permainan itu adalah agar setiap regu melewatkan bola secara teratur/baik melalui atas net sampai bola menyentuh net (mati) di daerah lawan, dan mencegah bola agar bola yang dilewatkan tidak menyentuh lantai lapangan sendiri.

Sedangkan Depdiknas (2001:2) menjelaskan permainan bola voli adalah suatu jenis olahraga permainan yang dimainkan oleh dua regu yang saling berhadapan yang masing-masing regu terdiri dari enam pemain, setiap regu berusaha untuk dapat memukul dan menjatuhkan bola ke dalam lapangan melewati di atas jaring atau net dan mencegah pihak lawan dapat memukul dan menjatuhkan bola ke dalam lapangannya.

Kedua kutipan di atas sejalan pula dengan pendapat Ahmadi (2007:20) yang mengemukakan permainan bola voli merupakan salah satu cabang olahraga permainan bola besar dan termasuk jenis pertandingan beregu karena dimainkan oleh dua regu. Setiap regu terdiri dari enam pemain dan berada pada petak lapangan dibatasi dengan net. Bola dimainkan dengan diawali servis dan masing-masing regu diberi kesempatan maksimal tiga kali sentuh (dilakukan oleh pemain yang berbeda) untuk mengembalikan bola ke lawan melewati di atas net. Regu yang dapat menjatuhkan bola di daerah lawan memperoleh poin dan regu yang berhasil mengumpulkan poin sebanyak 25 poin dinyatakan memenangkan 1 set permainan.

Sejarah Permainan Bola Voli

Permainan bola voli dikenal sejak abad pertengahan sebelum masehi di negara Romawi. Pada tahun 1895 William G. Morgan seorang guru pendidikan jasmani pada Young Men Cristisn Association di kota Holioke, yang pada mulanya dikenal dengan olahraga rekreasi dalam lapamgan tertutup. Kemudian semakin berkembang bola voli dimainkan di lapanngan terbuka, di halaman sekolah, di tepi pantai, dan di tempat terbuka lainnya. Kemudian pada tahun 1946 dibentuk Organizing Committee dan pada tahun 1947 diadakan konggres pertama yang dihadiri 14 negara dan berdirilah Federation Internationale de Volley Ball (F.I.V.B).

Perkembangan bola voli di Indonesia yang mulai dikenal pda tahun1828 yang dibawa oleh guru-guru Belanda yang mengajar di sekolah lanjutan. Namun pada waktu itu belum populer di kalangan masyarakat. Perkembangan permainan bola voli nampak maju dengan pesat sejak persiapan menghadapi Asian Games IV dari Ganefo I di Jakarta. Hal ini terbukti dari banyaknya klub-klub dari kota besar sampai pelosok desa yang terpencil.

Sejak PON II di Jakarta pada tahun 1951 sampai sekarang bola voli termasuk cabang olahraga yang resmi dipertandingkan. Pada tanggal 22 Januari 1955 di Jakarta diresmikan berdirinya Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) dengan menunjuk W. Y. Latumanten sebagai formatur untuk menyusun pengurus. PBVSI disahkan oleh KOI (Komite Olahraga Indonesia) pada bulan Maret 1955 sebagai induk olahraga bola voli yang tertinggi di Indonesia.

Ukuran Lapangan Permainan Bola Voli

Lapangan permainan bola voli berbentuk persegi panjang, dengan ukuran 18 x 9 meter, dikelilingi oleh daerah bebas dengan minimal di semua sisi 3 meter. Daerah bebas di sini adalah ruang di atas daerah permainan yang bebas dari segala halangan. Daerah bebas permainan harus memiliki ketinggian minimal 7 meter dari permukaan lapangan.

Lapangan permainan bola voli dibatasi oleh jaring atau net dengan ukuran lebar 1 meter, panjang 9,50 – 10 meter, dan tinggi 2,43 meter untuk putra serta 2,24 meter untuk putri. Ketinggian net diukur dari tengah lapangan permainan, dimana tinggi net (di atas kedua garis samping) harus tepat sama tinggi dan tidak boleh lebih tinggi dari 2 cm. Untuk lebih jelasnya mengenai bentuk dan ukuran lapangan permainan bola voli, dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Ukuran lapangan bola voli
Ukuran lapangan bola voli

Daftar Pustaka

  • Ahmadi, Nuril. 2007. Panduan Olahraga Bola Voli. Surakarta : Era Pustaka
  • Departemen Pendidikan Nasional. 2001. Petunjuk Tes Keterampilan Bola Voli  Usia 13 – 15 Tahun. Jakarta : Pusat Kesegaran Jasmani dan Rekreasi Depdiknas.
  • Dinata, Marta. 2004. Belajar Bola Voli. Jakarta : Cerdas Jaya.
  • Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia. 2001. Peraturan Bola Voli. Jakarta : PB PBVSI.
Jangan lupa membagikan referensi ini jika bermanfaat

Terimakasih