Stop Passing pada Permainan Sepakbola


Pengertian Stop Passing

Stop passing adalah cara menangkap bola, menghentikan bola atau menguasai bola. Menerima bola dapat dilakukan dengan semua bagian badan dari kaki sampai dahi (kepala), kecuali dengan lengan dan tangan. Dalam menerima bola atau menghentikan bola pada dasarnya adalah dengan cara mengurangi kekuatan atau kecepatan bola hingga bola berhenti untuk kemudian dikuasai.

Stop passing merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan sepakbola yang penggunaannya bersamaan dengan teknik menendang bola. Tujuan menghentikan bola adalah untuk mengontrol bola, yang termasuk di dalamnya adalah untuk mengatur tempo permainan, mengalihkan laju permainan, dan memudahkan untuk passing (Mielke, 2007:24).

Untuk menerima dan mengontrol bola (stop passing) ada dua pilihan yaitu menerima dan mengontrol bola dengan menggunakan inside atau outside of the foot, tergantung pada situasi. Tubuh harus menjadi target yang lunak dan menarik bagian tubuh yang akan menerima bola untuk mengurangi benturan (Mielke, 2008 : 24–26).

Jenis-jenis Stop Passing

a. Stop passing dengan Inside of the Foot

Merupakan teknik stop passing saat tidak berada di bawah tekanan lawan secara langsung. Pelaksanaannya sejajarkan diri anda dengan bola yang akan datang dan bergeraklah ke depan untuk menerimanya. Julurkan kaki yang akan menerima bola untuk menjemputnya. Letakkan kaki menyamping dengan jari kaki mengarah ke atas, menjauh dari garis tengah tubuh. Tarik kaki saat bola tiba untuk mengurangi benturan. Jangan hentikan dengan arah gerakan selanjutnya atau ke ruang terbuka menjauh dari lawan yang terdekat.
Stop passing dengan Inside of the Foot
Stop passing dengan Inside of the Foot

b. Stop passing dengan Outside of the Foot

Merupakan teknik stop passing ketika sedang ditempel ketat oleh lawan. Dalam situasi seperti itu, teknik stop passing dengan inside of the foot tidak selalu tepat dilakukan karena anda mungkin tidak dapat mencapai bola dengan kaki untuk melakukan tendangan bebas. Gunakan tubuh untuk melindungi bola dari lawan dengan outside of the foot stopping. Miringkan tubuh saat bola datang dengan tubuh berada di antara lawan dan bola. Terimalah bola dengan kaki yang terjauh dari posisi lawan. Putar kaki yang akan menerima bola ke arah bawah dalam dan terima bola dengan bagian samping luar instep.
Stop passing dengan Outside of the Foot
Stop passing dengan Outside of the Foot

Contoh penerapan Stop Passing

Buatlah permainan 3 lawan 3 di lapangan yang dimodifikasi dengan cara memperkecil ukuran lapangan. Permainan diawali dengan passing pendek dari belakang. Dalam hal ini pemain diharapkan dapat memecahkan masalah dengan melakukan gerakan stop passing yang diakhiri dengan shooting. Kondisi seperti ini mengidentifikasi fokus dari teknik stop passing sebagai bagian dari upaya memainkan bola kembali di lapangan yang identik dengan permainan sesungguhnya. Ketika bola keluar ke samping atau melewati gawang, maka untuk memulai permainan dapat diterapkan taktik sederhana yang mencakup aspek tersebut tadi.
Contoh penerapan Stop Passing
Contoh penerapan Stop Passing

Daftar Pustaka

Mielke, Danny. 2007. Dasar-dasar Sepakbola. Bandung: Pakar Raya.
Jangan lupa membagikan referensi ini jika bermanfaat

Terimakasih