Teknik Dasar Permainan Bola Voli


Permainan Bola Voli
Permainan Bola Voli
Teknik dasar adalah faktor utama selain kondisi fisik, taktik, dan mental seorang pemain. Secara individu penguasaan teknik dasar bola voli akan mendukung penampilan seorang pemain. Secara tim atau jika semua pemain menguasai teknik dasar bola voli dengan baik maka akan meningkatkan kualitas permainan, bahkan dapat menentukan menang atau kalahnya suatu tim.

Ahmadi (2007:19) menegaskan bahwa, permainan bola voli merupakan suatu permainan yang kompleks yang tidak mudah untuk dilakukan oleh setiap orang, diperlukan pengetahuan tentang teknik-teknik dasar dan teknik-teknik lanjutan untuk dapat bermain bola voli secara efektif.

Dalam permainan bola voli ada beberapa bentuk teknik dasar yang harus dikuasai. Teknik-teknik dalam permainan bola voli terdiri atas servis, passing bawah, passing atas, block, dan smash atau spike (Ahmadi, 2007:20).

Pengurus Besar PBVSI (2001: 5-6) mengemukakan beberapa teknik dasar bermain bola voli sebagai berikut :
  1. Service adalah pukulan bola yang dilakukan di daerah sebelah kanan belakang dari garis belakang lapangan permainan (daerah service) melampaui net ke daerah lawan. Pukulan service dilakukan pada permukaan dan setelah terjadinya setiap kesalahan. Pukulan service dapat berupa serangan bila bola dipukul dengan keras dan terarah.
  2. Passing adalah usaha atau upaya seseorang pemain dengan cara menggunakan suatu teknik tertentu yang tujuannya adalah untuk memperoleh bola kepada teman secepatnya untuk dimainkan di lapangan sendiri.
  3. Spike/smash adalah bentuk serangan yang paling banyak dipergunakan untuk serangan dalam upaya memperoleh nilai oleh suatu tim.
  4. Block (bendungan) adalah menggagalkan serangan lawan dengan cara membendung merupakan rintangan yang palin efektif. Bendungan merupakan bagian dari pertahanan.

Service

Servcie adalah tehnik pada bola voli dimana pemain berdiri di belakang garis belakang lapangan, melemparkan bola ke udara, kemudian memukul bola tersebut kea rah lapangan atau area lawan.

Teknik Service Bola Voli
Teknik Service Bola Voli
Tujuan melakukan servis adalah semaksimal mungkin mengarahkan adan menjatuhkan bola pada area lawan yang kosong atau terlihat lemah, sehingga tidak dapat diterima oleh tim lawan. Atau, mengarahkan bola ke area lawan dengan keras dan kecepatan yang tinggi, sehingga tim lawan tidak mampu menahan atau mengendalikannya, dan diharapkan bola tersebut akan keluar lapangan setelah tersebtuh pemain lawan.

Ketika bola yang diservis tersebut mendarat ke area lawan secara langsung (tanpa menyentuh permainan lawan), maka servis tersebut biasa disebut dengan "ace". Sebutan tersebut juga berlaku untuk servis yang keluar lapangan, setelah terlebih dahulu menyentuh salah seorang pemain dari tim lawan.

Pass/Passing

Teknik Passing Bola Voli
Teknik Passing Bola Voli
Passing juga biasa dikenal dengan sebutan reception, yaitu sebuah usaha tim dalam rangka menerima, menahan, dan mengendalikan servis atau segala bentuk penyerangan yang dilakukan oleh tim lawan. Pass yang baik, bukanlah pass yang hanya mampu mencegah bola agar tidak jatuh atau menyentuh area timnya, tetapi juga harus mampu mencapai posisi setter dengan arah yang tepat, serta gerakan da kecepatan yang stabil. Dengan demikian, sang setter dan attacter akan mampu menciptakan berbagai variasi serangan dengan mudah.

Spike/smash

Teknik Smash/Spike Bola Voli
Teknik Smash/Spike Bola Voli
Attack atau yang lebih akrab dengan sebutan spike/smash, adalah sebuah tehnik pukulan atau serangan yang bertujuan agar bola dapat mendarat di area lawan, tanpa bisa di block (di tahan).

Menyerang atau spike dalam permainan bola voli merupakan pukulan ketiga dari sebuah tim. Pukulan pertama biasa dilakukan dengan pass, pukulan yang kedua dilakukan dengan tehnik set atau oleh setter, dan pukulan ketiga adalah spike.

Dalam tehnik spike ini, seorang spiker (penyerang) harus memperhatikan sebuah langkah dasar dalam melakukan spike, yaitu awalan (apprvoach), lompatan, ayunan pukulan pada bola di udara, dan posisi mendarat. Pemukulan bola pada saat melakukan spike dilakukan di udara, yang idealnya adalah ketika sang attacker berada pada puncak lompatan. Ketika akan melakukan kontak dengan bola, pemain mengangkat tangannya setinggi mungkin sampai di atas kepalanya. Ketika melakukan pukulan, spiker mengayunkan lengannya dan memukulkan telapak tangannya sekeras mungkin kea rah bola yang sedang melayang tersebut.

Bock/Blockir

Teknik Block Bola Voli
Teknik Block Bola Voli
Tehnik ini digunakan untuk menahan serangan yang dilakukan oleh tim lawan. Pertahanan dalam tehnik block dapat berupa menahan serangan lawan agar bola yang di spike oleh pemain dari tim lawan tidak mampu menyeberangi net dan tetap berada di area lawan.

Sebagai salah satu tehnik pertahanan yang sangat dibutuhkan dalam permainan bola voli, maka sebaiknya setiap pemain harus mampu menguasai tehnik ini dengan baik. Untuk melakukan tehnik block, pemain berdiri dengan menggunakan kedua kaki dalam posisi yang sejajar. Pada saat yang sama, kedua tangan diletakkan didepan dada, dengan posisi telapak tangan menghadap kearah net dan dengan jari-jari terbuka (dikembangkan) selebar mungkin.

Daftar Pustaka

  • Ahmadi, Nuril. 2007. Panduan Olahraga Bola Voli. Surakarta: Era Pustaka.
  • Karno, dkk. 2012. Olahraga Bola Voli Untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jember: Cerdas Ulet Kreatif.
  • Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia. 2001. Peraturan Bola Voli. Jakarta: PB PBVSI.
Jangan lupa membagikan referensi ini jika bermanfaat

Terimakasih