Hal-hal yang Menentukan Harga Rumah


Hal-hal yang Menentukan Harga Rumah
Ilustrasi Harga Rumah
Harga rumah merupakan satu diantara beberapa faktor yang menentukan bagi calon pembeli dalam mengambil keputusan (jadi membeli atau tidak) terhadap sebuah rumah. Namun harga rumah itu sendiri ditentukan oleh beberapa faktor yang membentuk sebuah harga. Faktor yang menentukan harga rumah antara lain:

Harga Tanah atau Lahan

Tanah atau lahan adalah media untuk mendirikan sebuah bangunan, oleh karena itu mau tidak mau harga tanah mempengaruhi atau bahkan menentukan harga jual suatu rumah. Jika harga tanahnya mahal, harga rumahnya tentu ikut mahal. Tetapi jika harga tanahnya murah belum tentu harga rumahnya murah pula.

Harga Bahan Bangunan

Bahan bangunan meliputi pasir, besi, semen, batu-bata, kayu, dan lain-lain. Bahan bangunan sebagaimana yang kita ketahui membentuk wujud fisik dari rumah itu sendiri. Oleh sebab itu harga dari bahan bangunan atau material ini menentukan harga jual rumah. Bahkan harga bahan bangunan itu sendiri tersusun atas berbagai macam faktor. Salah satu faktor utama pembentuk harga bahan bangunan adalah faktor keterjangkauan bahan baku.

Lokasi Perumahan

Lokasi dari sebuah real estate bukanlah hal yang dianggap sepele dalam penentuan harga jual rumah. Selain itu kita pasti paham bahwa cukup banyak calon pembeli yang lebih memprioritaskan lokasi dibandingkan faktor lainnya. Dengan kata lain, calon pembeli cenderung mencari lokasi terlebih dahulu baru mempertimbangkan faktor yang lain.

Legalitas Perumahan

Kelengkapan legalitas rumah misalnya surat tanah, dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Diantara surat tanah yang paling tinggi kewenangan bagi pemegangnya adalah Sertifikat Hak Milik (SHM). Dibawahnya ada Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB). Setelah itu ada tanah adat atau tanah dengan kelengkapan sebatas Letter C, Petok D, dan lain-lain.

Legalitas yang kedua adalah Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Meskipun IMB cukup penting peranannya dalam sebuah kelengkapan legalitas rumah, namun terkadang sebagian orang tidak mengurusnya. Sebagai akibat paling parah jika sebuah rumah melanggar IMB adalah pemerintah berhak merobohkan rumah tersebut.

Lain-lain

Harga jual perumahan juga dipengaruhi oleh banyak faktor lain, misalnya biaya proyek yang dapat dibagi menjadi dua yaitu biaya tetap dan biaya variabel. Biaya tetap adalah biaya yang tidak dipengaruhi oleh jumlah output atau volume produksi. Sedangkan biaya variabel adalah biaya yang secara proporsional dipengaruhi oleh jumlah output.

Biaya yang termasuk dalam biaya tetap adalah sebagai berikut:
  1. Biaya tanah.
  2. Sertifikat tanah.
  3. Pembangunan jalan.
  4. Biaya pemasaran.
  5. Biaya konstruksi taman dan pintu gerbang.
  6. Biaya desain.
  7. Penerangan perumahan.
  8. Pembuatan rumah contoh.

Biaya yang termasuk dalam biaya variabel adalah sebagai berikut:
  1. Biaya pekerjaan tanah.
  2. Pekerjaan pondasi.
  3. Pekerjaan pasangan.
  4. Pekerjaan kayu.
  5. Pekerjaan atap Pekerjaan sanitasi.
  6. Pekerjaan pengecatan, dan biaya pekerjaan lain-lain.
Jangan lupa membagikan referensi ini jika bermanfaat

Terimakasih