Teknik Pemasaran

Teknk Pemasaran
Ilustrasi Teknik Pemasaran
Berhasil tidaknya suatu perusahaan dalam memasarkan produk yang dihasilkan baik itu barang maupun jasa sangat dibutuhkan teknik pemasaran yang baik dan tepat, sebab teknik dalam memasarkan sebuah produk meruapakan ujung tombak bagi perusahaan dalam mencapai tujuannya.

Teknik pemasaran adalah cara atau langkah-langkah dalam melakukan penjualan suatu barang atau jasa yang dilakukan oleh seseorang untuk mencapai penjualannya.  Pendapat lain mengatakan, teknik pemasaran adalah suatu cara yang dilakukan oleh penjual untuk mempengaruhi pembeli. Berdasarkan pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa teknik pemasaran adalah langkah-langkah atau cara-cara seseorang atau lembaga perusahaan dalam melakukan penjualan produk barang atau jasa.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan dalam melakukan kegiatan pemasaran antara lain:

a. Kemitraan

Teknik ini dilakukan dengan kerja sama dengan badan-badan baik perorangan maupun badan usaha lainnya untuk memasarkan hasil produksi yang bersifat barang atau jasa dari perusahaan pemroduksian keperusahaan distributor. Perusahaan pemroduksian juga dapat melakukan proses pemasaran dengan menggunakan saluran distribusi yang dikelola oleh perusahaan tersebut pada bagian pemassaran atau departemen yang ditunjuk.

b. Penjualan langsung

Proses ini biasanya dilakukan oleh perusahaan jasa seperti perusahaan asuransi, proses dan teknik pemasaran dilakukan secara langsung melalui bagian-bagian teknik yang dilakukan agar hasil produksi dari perusahaan dapat dipergunakan oleh pengguna jasa produk.

c. Suplayer

Proses ini dilakukan oleh perusahaan dengan melakukan pemasaran produk perusahaan langsung, contoh perusahaan kerja sama dengan agen-agen yang di tunjuk oleh perusahaan sebagai pemasar produk dari perusahaan pemroduksi.