Teori Jaringan Komputer


Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan Komputer
Jaringan Komputer
Jaringan adalah kumpulan dari perangkat keras yang terhubung satu sama lain melalui media perantara seperti kabel tembaga, kabel optik, gelombang mikro, dan inframerah sehingga memungkinkan terjadinya pertukaran data. Perangkat keras dapat berupa komputer, PDA, printer dan perangkat keras lainnya yang mampu mengirim dan menerima data (forouzan, 2005).

Jaringan komputer adalah sebuah model komputer tunggal yang melayani seluruh tugas-tugas komputasi suatu organisasi yang diganti oleh sekumpulan komputer yang terpisah-pisah tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya (Tanenbaum, 1996:1).

Jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer yang terhubung dan dapat membagi data, aplikasi, peralatan komputer, dan koneksi internet atau beberapa kombinasi itu (Todd, 2012:2).

Manfaat Jaringan Komputer

Manfaat jaringan komputer untuk perusahaaan (Tanenbaum, 1996:2) adalah:

a. Resource sharing

Bertujuan agar seluruh program, peralatan, khususnya data bisa digunakan oleh setiap orang yang ada tanpa terpengaruh lokasi resource dan pemakai dengan kata lain resource sharing merupakan suatu usaha untuk menghilangkan kendala jarak.

b. Reliabilitas tinggi 

Bertujuan agar setiap program dan data memiliki sumber-sumber alternatif sehingga apabila salah satu mesin mengalami kerusakan maka data dan program dapat diambil dari mesin lain sehingga kegiatan dapat terus berjalan.

c. Menghemat uang

Menggunakan komputer berukuran kecil mempunyai rasio harga atau kinerja yang lebih dibanding komputer yang besar karena komputer mainframe memiliki kecepatan sepuluh kali lipat dari kecepatan komputer pribadi dan harganya seribu kali lebih mahal dari komputer pribadi sehingga para perancang sistem lebih memilih membangun sistem yang terdiri dari komputer-komputer pribadi dengan menggunakan model client-server.

d. Skalabilitas

Untuk meningkatkan kinerja sistem secara berkala sesuai dengan beban pekerjaan dengan menambahkan sejumlah prosesor.

e. Medium komunikasi

Dengan menggunakan jaringan dua orang atau lebih yang berjauhan dapat berkomunikasi dengan mudah.
Manfaat jaringan komputer untuk umum adalah:
  1. Access ke informasi yang berada ditempat yang jauh. Salah satu bidang access informasi jarak jauh yang sudah ada adalah access ke institusi keuangan.Contohnya membayar tagihan, mengelola rekening bank secara elektronis.
  2. Komunikasi orang ke orang. Bidang komunikasi orang ke orang yang dapat dilakukan saat ini yaitu surat kabar online, real time email dan video conference yang memungkinkan hubungan orang ke orang dapat dilakukan melalui jarak jauh.
  3. Hiburan Interaktif. Merupakan  industri besar yang terus berkembang salah satu bentuk hiburan interaktif yaitu game online dan video on demand. 

Daftar Pustaka

  • Forouzan, Behrouz A, Fegan, Sophia Chung. (2003). Local Area Networks 1st Edition. New York: McGraw Hill.
  • Tanenbaum, Andrew S. (2003). Computer Networks 4th Edition. New Jersey: Prentice Hall.
  • Todd Lammle. (2012). CompTIA Network + Study Guide 2nd Edition. Indianapolis: John Wiley & Sons.
Jangan lupa membagikan referensi ini jika bermanfaat

Terimakasih