Bahasa Pemrograman Delphi


Borland Delphi 7
Borland Delphi 7
Bahasa pemrograman Delphi adalah pemrograman berorientasi objek yang merupakan pengembangan dari bahasa pemrograman Pascal. Pascal adalah pemrograman berbasis DOS yang dibuat pada tahun 1971 oleh Niklaus Wirth dari Swiss. Kata Pascal diambil dari nama matematikiawan dan ahli filsafat dari Perancis, yaitu Blaise Pascal yang lahir tahun 1623 dan meninggal tahun 1662. Pascal dirilis tahun 1983 oleh Borland International, salah satu perusahaan software  terkemuka di California.

Pada tahun 1993, Borland International mengembangkan bahasa pemrograman pascal yang bersifat visual yang disebut Delphi dan resmi dipasarkan pada tahun 1995. Pemrograman ini dibuat secara modern yang berjalan di Sistem Operasi Windows mulai dari versinya yang pertama yaitu Delphi 1 dan di tahun-tahun berikutnya Delphi terus dikembangkan mengikuti kebutuhan zaman (Kani, Firmansyah, & Sufandi, 2010).

Salah satu keistimewaan Delphi adalah dukungannya untuk aplikasi database yang memungkinkan user berinteraksi dengan informasi yang tersimpan dalam sebuah database. Delphi juga memberikan banyak pilihan teknologi kepada developer dalam membangun aplikasi database sehingga developer dapat mengembangkan aplikasi dengan mekanisme akses yang paling tepat menurut kebutuhan.

Integrated Development Environment (IDE) Delphi merupakan tampilan terintegrasi dimana terlihat menu dan tools yang terpisah akan tetapi sangat berhubungan yang merupakan satu kesatuan yang utuh dalam satu koordinasi. Berfungsi sebagai pusat control mulai dari menu utama, komponen pallet, form, code editor, object inspector dan object treeview yang digunakan untuk mendesain, menulis kode program serta mengatur tampilan aplikasi dalam berbagai model (Madcoms, 2003).

Untuk mengakses database, Delphi menyediakan berbagai mekanisme data akses, antara lain (Yanuar & Hakim, 2004):

a. Borland Database Engine (BDE)

BDE adalah teknologi yang dikeluarkan oleh Borland.BDE berasal dari paradox, kemudian diperluas oleh Borland untuk mendukung banyak SQL Serverdan Database Lokal sebelum Delphi ada. BDE mengakses langsung tabel-tabel  dBase, Paradox, ASCII, Foxfro dan access. Driver-driver yang ada di Delphi Enterprise memungkinkan pengaksesan ke beberapa SQL Server termasuk Oracle, Sybase, Microsoft, Informix, Interbase dan IBM DB2 Server. sedagkan untuk pengaksesan ke database lain disediakan ODBC Drivers.

b. ActiveX Data Object (ADO)

ADO adalah antarmuka tingkat tinggi (hight level) yang digunakan untuk mengakses database dari Microsoft. ADO diimplementasikan pada teknologi OLE DB Data Access Microsoft yang menyediakan akses ke database relasional maupun database non relasional, termasuk email, file sistem dan file lainnya.

c. Database Express Library (dbExpress)

dbExpress adalah library pengaksesan yang bersifat cross-flatform untuk windows dan linux. tidak seperti BDE dan ADO, dbExpress menggunakan pendekatan kelas ringan.

d. Interbase Express (IBExpress)

Delphi menyediakan komponen-komponen untuk mengakses produknya yang gratis dan open source, yaitu interbase server. Jika menggunakan interbase sebagai back end, dapat memperoleh kinerja baik dan kemungkinan memelihara server dari aplikasi client jika menggunkan komponen khusus interbase.

Daftar Pustaka

  • Kani, Firmansyah, dan Sufandi, U. U. (2010). Pemrograman Database menggunakan Delphi (Delphi Win32 dan MySQL 5.0 dengan Optimalisasi Komponen ZeosDBO). Graha Ilmu: Jakarta.
  • Madcoms. (2003). Pemrograman Borland Delphi 7. Yogyakarta: Andi.
  • Yanuar, Y., dan Hakim, L. (2004). Pemrograman Delphi dengan Database Microsoft SQL Server. Jakarta: Elek Media Komputindo.
Jangan lupa membagikan referensi ini jika bermanfaat

Terimakasih