Pengertian dan Pengukuran Kecerdasan Spiritual


Pengertian Kecerdasan Spiritual

Kecerdasan Spiritial
Ilustrasi Kecerdasan Spiritial
Kecerdasan Spiritual (Spiritual Quotient disingkat SQ) adalah kecerdasan untuk memecahkan persoalan makna dan nilai, yaitu kecerdasan untuk menempatkan perilaku dan hidup dalam konteks makna yang lebih luas dan kaya, kecerdasan untuk menilai bahwa tindakan atau jalan hidup seseorang lebih bermakna dibanding dengan yang lain (Zohar, 2001).

SQ adalah landasan yang diperlukan untuk memfungsikan Intellegent Quotient (IQ) dan Emotional Quotient (EQ) secara efektif. Bahkan SQ merupakan kecerdasan tertinggi kita, karena SQ merupakan landasan dan sumber dari kecerdasan yang lain.

Kecerdasan spiritual adalah potensi dari dimensi non-material atau roh manusia (Khavari, 2000). Potensi tersebut seperti intan yang yang belum ter-asah yang dimiliki oleh semua orang. Selanjutnya, tugas setiap oranglah untuk mengenali potensi masing-masing sekaligus menggosoknya hingga berkilau dengan tekad yang besar dan menggunakannya untuk memperoleh kebahagiaan abadi.

Spiritualitas, dalam pengertian yang luas, merupakan hal yang berhubungan dengan spirit. Sesuatu yang spiritual memiliki kebenaran abadi yang berhubungan dengan tujuan hidup manusia, sering dibandingkan dengan sesuatu yang yang bersifat duniawi dan sementara (Hasan, 2006:289).

Mengukur Kecerdasan Spiritual

Individu yang cerdas secara spiritual melihat kehidupan ini lebih agung dan sakral, menjalaninya sebagai sebuah panggilan (vocation) untuk melakukan sesuatu yang unik, menemukan ekstase-ekstase kehidupannya dari pelayanan kepada gagasan-gagasan yang bukan pemuasan diri sendiri, melainkan kepada tujuan luhur dan agung, yang bahkan sering keluar dari dunia ini, bersifat abadi dan eksatologis. Kehidupan menjadi lebih sebagai instrument ketimbang tujuan akhir.

Secara lebih khusus, Zohar (2001) mengidentifikasikan sepuluh kriteria mengukur kecerdasan Spiritual seseorang, yaitu:
  1. Kesadaran Diri
  2. Spontanitas, termotivasi secara internal
  3. Melihat kehidupan dari visi dan berdasrkan nilai-nilai fundamental
  4. Holistik, melihat sistem dan universalitas
  5. Kasih sayang (rasa berkomunitas, rasa mengikuti aliran kehidupan)
  6. Menghargai keragaman
  7. Mandiri, teguh melawan mayoritas
  8. Mempertanyakan secara mendasar
  9. Menata kembali dalam gambaran besar
  10. Teguh dalam kesulitan
Ciri-ciri dari kecerdasan spiritual yang telah berkembang dalam diri seseorang adalah sebagai berikut  (Zohar, 2001):
  1. Kemampuan bersifat fleksibel
  2. Tingkat kesadaran diri yang tinggi
  3. Kemampuan untuk menghadapi dan memanfaatkan penderitaan
  4. Kemampuan untuk menghadapi dan melampaui rasa sakit
  5. Kualitas hidup yang diilhami oleh visi dan nilai-nilai
  6. Keengganan untuk menyebabkan kerugian yang tidak perlu
  7. Kecenderungan untuk melihat keterkaitan antara berbagai hal
  8. Kecenderungan nyata untuk bertanya “mengapa” atau “bagaimana” jika untuk mencari jawaban-jawaban yang mendasar.
  9. Menjadi apa yang disebut oleh para psikolog sebagai bidang mandiri, yaitu memiliki kemudahan untuk bekerja melawan konvensi.

Aspek-aspek Kecerdasan Spiritual

Menurut  (Khavari, 2010),  ada  beberapa  aspek  yang menjadi dasar kecerdasan spiritual, yaitu:
  1. Sudut  pandang  spiritual-keagamaan,  artinya  semakin  harmonis  relasi spiritual-keagamaan  kita  kehadirat Tuhan,  semakin  tinggi  pula tingkat dan kualitas kecerdasan spiritual kita.
  2. Sudut  pandang  relasi  sosial-keagamaan,  artinya  kecerdasan  spiritual harus  direfleksikan  pada  sikap-sikap  sosial  yang  menekankan  segi kebersamaan dan kesejahteraan sosial.
  3. Sudut  pandang  etika  sosial.  Semakin  beradab  etika  sosial  manusia semakin berkualitas kecerdasan spiritualnya.

Daftar Pustaka

  • Hasan Abdul Wahid. 2006. SQ Nabi : Aplikasi Strategi dan Model Kecerdasan Spiritual Rosululloh di masa kini ,Jogjakarta : IrcisoD. 
  • Khavari, Khalil A. 2000. Spiritual Intelligence (A Pratictical Guide to PersonalHappiness), Canada: White Mountain Publications.
  • Zohar, Danah, dan Marshall, Ian.2001. SQ: Memanfaatkan Kecerdasan SpiritualDalam Berfikir Integralistik Dan Holistik Untuk Memaknai Kehidupan,Jakarta: Pustaka Mizan.
Jangan lupa membagikan referensi ini jika bermanfaat

Terimakasih