Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Protokol H.323

Protokol H.323 merupakan suatu standar ITU-T (International Telecomunications Union - Telecomunications) yang menentukan komponen protokol, dan prosedur yang menyediakan layanan komunikasi multimedia, yaitu komunikasi audio, video dan data real-time (waktu nyata), melalui jaringan berbasis paket (packet-based network). Jaringan tersebut antara lain Internet Protocol (IP), Internet Packet eXchange (IPX), Local Area Network (LAN), Enterpraise Network (EN), Metropolitan Area Network (MAN) dan Wide Area Network (WAN).

H.323 dapat diterapkan pada berbagai aplikasi komunikasi yaitu suara saja (IP Telephony), suara dan gambar (Video Telephony), suara dan data, dan juga sua, gambar dan data. H.323 juga bisa diterapkan dalam point-to-point dan juga bisa digunakan dalam aplikasi multipoint conference.

Komponen dan Topologi Jaringan H.323

Standar H.323 terdiri dari empat buah komponen yang disatukan dalam suatu jaringan akan memberikan komunikasi point-to-point dan multipoint conference. Komponen jaringan H.323 terdiri dari terminal, gateway, gatekeeper dan Multipoint Control Unit (MCU)
Arsitektur H.323
Arsitektur H.323

1. Terminal 

Terminal atau endpoint menyediakan komunikasi real-time. Terminal paling sedikitnya harus mendukung komunikasi suara dan dapat juga mendukung komunikasi video atau data. Umumnya terminal H.323 adalah aplikasi yang berjalan di PC misalnya Microsoft NetmeetingTM.

2. Gateway 

Menyediakan layanan pada klien H.323 sehingga dapat berkomunikasi dengan entitas yang bukan-H.323. Tipe umum dari gateway H.323 adalah untuk menghubungkan terminal H.323 dengan telepon di PSTN.

3. Gatekeeper

Menyediakan layanan kendali panggilan untuk endpoint H.323, seperti translasi alamat dan manajemen bandwidth. Gatekeeper bisa ada atau tidak, pada jaringan H.323. Jika gatekeeper ada dalam jaringan, setiap endpoint dalam jaringan tersebut harus menggunakan layanannya. H.323 menjelaskan layanan yang harus disediakan oleh gatekeeper dan layanan lainnya yang dapat disediakannya.

4. Multipoint Control Unit (MCU)

Menyediakan dukungan untuk konferensi tiga atau lebih endpoint. Sebuah MCU mengatur sumberdaya untuk konferensi, negosiasi antar endpoint. Negosiasi diperlukan untuk menentukan codec audio dan video yang dipakai, dan yang boleh atau tidak boleh ditangani dalam aliran media.

Daftar Pustaka

  • Tharom, Tabratas, dan Purbo W. Onno, “Teknologi VoIP (Voice over Internet Protocol)”, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2001.
PERHATIAN
Jika ingin mengcopy-paste referensi dari KajianPustaka.com, mohon untuk menambahkan sumber rujukan di daftar pustaka dengan format berikut:
Riadi, Muchlisin. (). Protokol H.323. Diakses pada , dari https://www.kajianpustaka.com/2012/10/protokol-h323.html