Lapangan, Peraturan dan Teknik Bermain Futsal

Apa itu Futsal? 

Futsal adalah permainan bola di dalam ruangan (indoor), yang dimainkan oleh dua tim masing-masing terdiri dari lima orang menggunakan teknik manipulasi bola dengan kaki dan anggota tubuh lain selain tangan dengan tujuan memasukkan bola ke gawang lawan. Futsal diciptakan oleh Juan Carlos Ceriani di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930. Istilah futsal berasal dari kata futebol de salao (bahasa Portugis) atau futbol sala (bahasa Spanyol) yang artinya Sepakbola dalam ruangan.

Lapangan, Peraturan dan Teknik Bermain Futsal

Futsal adalah olahraga permainan yang hampir sama dengan permainan sepakbola dimana dua tim memainkan dan memperebutkan bola di antara para pemain dengan tujuan dapat memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang dari kemasukan bola. Pemenang adalah tim (regu) yang memasukkan bola ke gawang lawan lebih banyak dari kemasukan bola di gawang sendiri.

Berikut ini beberapa pengertian olahraga futsal dari beri beberapa sumber buku:
  • Menurut Sugono (2008:401), futsal adalah olahraga permainan sepakbola, dengan lapangan dan gawang lebih kecil, biasanya dimainkan di dalam ruangan besar, masing-masing tim terdiri atas lima orang.
  • Menurut Yudianto (2009:54), futsal adalah permainan jenis sepakbola yang dimainkan oleh 10 orang (masing-masing 5 orang), serta menggunakan bola lebih kecil dan lebih berat daripada yang digunakan dalam sepakbola. Gawang yang digunakan dalam futsal juga lebih kecil.
  • Menurut Kurniawan (2012:104), futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing tim beranggotakan lima orang dengan tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan, dengan manipulasi bola dan kaki.
  • Menurut Lhaksana (2011:7), futsal adalah permainan yang sangat cepat dan dinamis. Dari segi lapangan yang relatif kecil, hampir tidak ada ruang untuk membuat kesalahan. Futsal adalah olahraga beregu, kolektivitas tinggi akan mengangkat prestasi.

Lapangan, Perlengkapan dan Peraturan Futsal 

a. Lapangan Futsal

Lapangan futsal adalah tempat atau arena untuk bermain olahraga futsal yang berada di dalam ruangan (indoor). Gambar, ukuran dan ketentuan lapangan futsal berdasarkan aturan FIFA adalah sebagai berikut (Tenang, 2008:27):
Ukuran Lapangan Futsal
  1. Ukuran minimal 25 x 15 meter dan maksimal 42 x 25 meter (untuk pertandingan internasional ukuran minimal 38 x 18 meter dan maksimal 42 x 25 meter).
  2. Lebar garis pembatas 8 cm.
  3. Titik tengah pada garis tengah lapangan dan lingkaran pada titik tengah beradius 3 meter.
  4. Seperempat lingkaran dengan radius 6 meter ditari sebagai pusat di luar dari masing-masing tiang gawang. 
  5. Garis penghubung diatas garis seperempat lingkaran memiliki panjang 3,16 meter sejajar dengan garis gawang. 
  6. Titik penalti dari tengah garis gawang digambarkan 6 meter.
  7. Titik penalti kedua dari titik tengah garis gawang 10 meter.
  8. Seperempat lingkaran sudut lapangan beradius 25 cm.
  9. Zona pergantian pemain dengan panjang 5 meter terletak di depan tempat duduk pemain cadangan. 
  10. Permukaan lapangan mulus dan rata. Sangat dianjurkan menggunakan bahan dari kayu atau bahan buatan lainnya.

b. Gawang Futsal 

Gawang pada lapangan futsal ditempatkan pada tengah-tengah dari garis gawang. Gawang terdiri dari dua buah tiang sejajar vertikal dengan jarak yang sama dari setiap sudut dan pada sisi atasnya dihubungkan dengan batang horizontal. Gambar, ukuran dan ketentuan gawang futsal berdasarkan aturan FIFA adalah sebagai berikut (Tenang, 2008:27):
Ukuran Gawang Futsal
  1. Ukuran gawang futsal lebar tiang 3 meter dan tinggi tiang 2 meter. 
  2. Kedua tiang gawang dan palang memiliki lebar dan dalam yang sama yakni 80 cm. 
  3. Net (jaring), terbuat dari tali rami, goni, atau nilon, dipautkan pada kedua tiang vertikal dan tiang horizontal pada sisi belakang gawang. 

c. Bola Futsal 

Bola futsal berbentuk bulat sempurna, terbuat dari kulit atau bahan yang sesuai lainnya. Gambar, ukuran dan ketentuan bola futsal berdasarkan aturan FIFA adalah sebagai berikut:
Bola Futsal
  1. Bola harus berbentuk bulat.
  2. Terbuat dari kulit atau bahan lain. 
  3. Ukuran Nomor 4, minimum diameter keliling 62 cm dan maksimum 64 cm. 4) Berat bola pada saat pertandingan dimulai dari minimum 400 gr dan maksimum 440 gr. 
  4. Tekanannya sam dengan 0,4-0,6 atmosfir (400-600 g/cm3).

d. Perlengkapan pemain futsal 

Perlengkapan pemain futsal adalah sebagai berikut:
  1. Seragam, terdiri dari celana pendek dan baju. Baju diberi nomor yang harus tampak pada bagian belakang baju, warna nomor harus berbeda secara jelas dengan warna bajunya. 
  2. Kaos kaki dan Sepatu. Model sepatu yang diperkenankan terbuat dari kain atau kulit lunak untuk latihan atau sepatu gimnastik dengan sol karet atau bahan yang sama.
  3. Pelindung tulang kering (shinguards), secara keseluruhan ditutup oleh kaos kaki. Terbuat dari bahan yang cocok (karet, plastik atau bahan sejenis).
  4. Khusus penjaga gawang (goal keeper) diperkenankan memakai celana panjang dan sarung tangan. Setiap penjaga gawang memakai warna yang mudah membedakannya dari pemain lain serta wasit.

e. Aturan Permainan Futsal 

Aturan permainan futsal adalah sebagai berikut:
  1. Jumlah pemain untuk memulai pertandingan maksimal 5 pemain dengan salah satu penjaga gawang. 
  2. Jumlah pemain minimal untuk mengakhiri pertandingan adalah dua pemain dengan salah satu penjaga gawang.
  3. Jumlah pemain cadangan maksimal 7 orang. 
  4. Jumlah wasit 2 orang.
  5. Batas pergantian pemain: tidak terbatas.
  6. Metode pergantian pergantian melayang, yaitu semua pemain kecuali penjaga gawang boleh memasuki dan meninggalkan lapangan kapan saja; pergantian penjaga gawang hanya dapat dilakukan jika bola tidak sedang dimainkan dan dengan persetujuan wasit. 
  7. Lama permainan normal 2 x 20 menit. 
  8. Lama istirahat 10 menit. 
  9. Lama perpanjangan waktu 2 x 10 menit. 
  10. Dilakukan dua penalti jika jumlah gol kedua tim imbang saat perpanjangan waktu selesai. 
  11. Time-out 1 kali per tim per babak, tidak ada dalam waktu tambahan. 
  12. Waktu pergantian babak maksimal 10 menit.

Teknik Dasar Permainan Futsal 

Di dalam permainan futsal terdapat beberapa teknik dasar yang perlu dikuasai oleh pemain, yaitu sebagai berikut:

a. Kontrol Bola 

Teknik mengontrol bola dalam permainan futsal dapat dilakukan dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan telapak kaki sebelah depan dengan memanfaatkan sol sepatu. Teknik mengontrol bola dengan sol sepatu dalam futsal sangat penting sehingga harus dikuasai oleh setiap pemain.

b. Passing (Umpan) 

Umpanan dapat dilakukan dengan menggunakan beragam sisi kaki, yaitu menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, ujung kaki, tumit, atau sisi bawah. Namun yang paling baik adalah menggunakan kaki bagian dalam dengan arah mendatar atau umpanan panjang yang menyusur tanah, karena umpanan akan memiliki akurasi paling baik jika dibandingkan dengan lainnya.

c. Dribbling (Menggiring) 

Untuk mengecoh pemain lawan dalam sebuah permainan futsal, seorang pemain futsal harus memiliki kemampuan dalam menggiring bola. Ada beberapa teknik dalam menggiring bola yang harus dikuasai dalam bermain futsal, yaitu sebagai berikut:
  1. Dribbling menggunakan kaki bagian luar. Dengan teknik ini jika menggunakan kaki kanan pemain futsal dapat mengecoh ke sebelah kiri lawan atau sebaliknya. Akan tetapi teknik ini tidak bisa mengecoh lawan ke sebelah kanan bila menggunakan kaki kanan, begitu pula sebaliknya.
  2. Dribbling menggunakan kaki bagian dalam. Dengan teknik ini pemain futsal dapat mengecoh lawan ke sebelah kanan lawan apabila menggunakan kaki kanan atau sebaliknya. Akan tetapi teknik ini tidak bisa mengecoh lawan ke sebelah kiri bila menggunakan kaki kanan, begitupula sebaliknya. 
  3. Dribbling menggunakan bagian punggung kaki. Dribbling menggunakan bagian punggung kaki adalah dapat menggiring bola dengan arah lurus apabila tidak ada lawan yang menghalangi. Akan tetapi teknik ini kurang efektif untuk mengecoh lawan ke sebelah kiri atau sebelah kanan.

d. Shooting (Menendang Keras) 

Teknik menendang keras yang efektif dalam permainan futsal adalah menendang bola dengan menggunakan ujung kaki/sepatu, karena dengan teknik ini bola akan melesat cukup kencang dan bola juga akan tetap bergerak lurus.

e. Heading (Menyundul Bola) 

Tujuan menyundul bola adalah untuk mengoper, mencetak gol, mematahkan serangan lawan atau membuang bola. Pemain harus belajar menyundul bola menggunakan dahi, bukan ubun-ubun kepala. Pemain harus sadar bahwa mereka yang akan menyundul bola, bukan bola yang membentur mereka.

f. Tackling (Merampas Bola) 

Merampas bola adalah upaya untuk merebut bola dari penguasaan lawan. Merampas bola dapat dilakukan dengan sambil berdiri (standing tackling) dan sambil meluncur (sliding tackling).

Daftar Pustaka

  • Sugono, dendy. 2008. Kamus bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
  • Yudianto, Lukman. 2009. Teknik Bermain Sepak Bola dan Futsal. Bandung: Visi 7.
  • Kurniawan, Feri. 2012. Buku Pintar Pengetahuan Olahraga. Jakarta: Laskar Aksara.
  • Lhaksana, J. 2011. Taktik dan Strategi futsal Modern. Jakarta: Be Champion (Penebar Swadaya Group).
  • Tenang, John D. 2008. Mahir Bermain Futsal. Jakarta: Dar Mizan.

Dapatkan update referensi terbaru via email:

0 Response to "Lapangan, Peraturan dan Teknik Bermain Futsal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel