Kenapa Perusahaan Harus Menggunakan Aplikasi HRIS?




Aset sebuah perusahaan tidak hanya tanah serta bangunan saja, namun Sumber Daya Manusia atau Karyawan perusahaan juga merupakan aset yang penting. Bila SDM perusahaan bekerja dengan sangat loyal maka itu akan baik untuk performa perusahaan. Oleh sebab itulah, salah satu divisi perusahaan yaitu HR memiliki tugas penting untuk menangani berbagai macam masalah administrasi yang berhubungan dengan karyawan agar kesejahteraan serta kinerjanya bisa terjaga dan semakin meningkat. Nah, sekarang ini telah hadir aplikasi HRIS yang dibuat guna meminimalisir resiko kesalahan dalam sistem administrasi secara manual. Apa itu HRIS dan kenapa perusahaan harus menggunakan aplikasi ini? Berikut penjelasannya.

Pengertian Aplikasi HRIS

Aplikasi HRIS (Human Resource Information System) merupakan sebuah perangkat lunak yang dikebangkan secara offline dan online untuk membantu sistem administrasi perusahaan, khususnya untuk mengentri berbagai macam data, melacak datang serta kebutuhan informasi lain dari divisi HR. Aplikasi ini juga dianggap sebagai salah satu solusi terkini untuk perusahaan agar bisa lebih memudahkan dalam monitoring SDM perusahaan. Selengkapnya tentang pengertian HRIS bisa anda baca di artikel berikut ini, https://www.linovhr.com/manfaat-hris/



Alasan Harus Menggunakan Aplikasi HRIS

Berdasarkan pengertiannya, sudah sangat jelas bahwa aplikasi HRIS memang dibuat untuk kepentingan perusahaan. Berikut ini adalah beberapa alasan yang bisa dipertimbangkan mengapa perusahaan benar-benar harus menggunakan aplikasi ini:



1. Perhitungan payroll system yang lebih akurat

Masalah penggajian bukan masalah sederhana, ini adalah masalah serius yang bila tidak ditangani dengan baik bisa menurunkan kinerja karyawan dan berdampak pada perusahaan. Penggajian juga merupakan kewajiban perusahaan pada karyawan yang telah mengabdikan waktunya. Perusahaan harus bisa berhati-hati saat akan melakukan perhitungan kompensasi, termasuk juga di dalamnya beberapa tambahan upah lain seperti upah lembur, bonus sampai THR. Bila perusahaan melakukan perhitungan dengan cara manual maka ini akan memakan waktu lama, apalagi bila karyawannya sudah lebih dari 100, akan sangat beresiko mendapatkan kesalahan. Dengan pemakaian aplikasi HRIS, Anda bisa menyelesaikan perhitungan payroll dengan lebih akurat tanpa harus menghitung secara manual. Sebab secara otomatis perhitungan akan dilakukan langsung oleh aplikasinya.



2. Kehadiran karyawan bisa lebih terkontrol

Kehadiran karyawan perusahaan juga harus bisa dikontrol, jangan sampai perusahaan mendapatkan kerugian karena karyawan tidak pernah hadir namun bisa mendapatkan upah sesuai dengan karyawan lainnya. Di dalam aplikasi HRIS, sudah disediakan sebuah fitur absensi untuk karyawan, mereka bisa mengabsen cara online. Sehingga tidak mungkin untuk para karyawan bisa curang, seperti menitip absen. Bahkan secara otomatis, absensinya juga sudah terhubung pada payroll system.



3. Penyimpanan berbagai macam data personalia bisa lebih aman

Data perusahaan tentu saja harus bisa dijaga dengan baik, jangan sampai bocor pada tangan yang tidak bertanggung jawab. Aplikasi HRIS sangat memungkinkan perusahaan untuk bisa menyimpan data secara online, seperti data pribadi karyawan, karir, jatah cuti, penggajian dan yang lainnya. Dengan data-data yang tersimpan online, perusahaan bisa lebih mudah mengakses data tanpa perlu membongkar folder komputer atau lemari berkas. Hanya perlu online dan masuk ke aplikasinya saja.

Jadi, kenapa perusahaan harus menggunakan Aplikasi HRIS tentunya sudah sangat jelas bukan? Semua perusahaan tentunya menginginkan system administrasi yang lebih baik agar produktivitas perusahaan juga semakin meningkat.

Dapatkan update referensi terbaru via email:

0 Response to "Kenapa Perusahaan Harus Menggunakan Aplikasi HRIS?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel