Pengertian, Karakteristik dan Jenis-jenis Majalah

Pengertian Majalah 

Majalah adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai liputan jurnalistik, pandangan tentang topik aktual yang patut diketahui pembaca dan menurut waktu penerbitannya dibedakan atas majalah bulanan, tengah bulanan, mingguan dan sebagainya, serta menurut pengkhususan isinya dibedakan atas majalah berita, wanita, remaja, olahraga, sastra, ilmu pengetahuan tertentu dan sebagainya (KBBI, 2003).

Pengertian, Karakteristik dan Jenis-jenis Majalah

Menurut Danesi (2010), majalah adalah sekumpulan artikel atau kisah yang diterbitkan teratur secara berkala menampilkan beragam informasi, opini, dan hiburan konsumsi massa dengan berbagai ilustrasi pendukung.

Sedangkan menurut Suryawati (2011), majalah adalah media komunikasi yang menyajikan informasi secara dalam, tajam, dan memiliki nilai aktualitas yang lama serta menampilkan gambar/foto yang banyak.

Majalah dalam bahasa Inggris disebut Magazine yang berasal dari bahasa Arab, yaitu makhazi, yang artinya gudang penyimpanan. Majalah yang dianggap sebagai majalah pertama adalah majalah Journal des Scavans dari Perancis. Isinya meliputi intisari buku-buku Eropa, daftar bacaan dan penulisnya, artikel-artikel pengembangan seni, filsafat dan ilmu pengetahuan.

Karakteristik Majalah 

Majalah merupakan media yang sederhana, mudah dan tidak memerlukan modal yang banyak karena dapat diterbitkan oleh setiap kelompok masyarakat. Menurut Ardianto dan Erdinaya (2004), karakteristik majalah yang membedakan dengan surat kabar dan media cetak lainnya adalah sebagai berikut:

a. Disajikan begitu banyak 

Frekwensi terbit majalah pada umumnya adalah mingguan selebihnya dwi mingguan, bahkan bulanan (satu kali sebulan), kuncinya adalah, berita-berita dalam majalah disajikan lebih lengkap karena dibubuhi latar belakang peristiwa atau unsur why dikemukakan secara lengkap, begitu pula peristiwanya atau proses terjadinya peristiwa (unsur how) dikemukakan secara kronologis.

b. Nilai aktualitasnya lebih lama 

Apabila nilai aktualitas surat kabar hanya berumur satu hari, maka nilai aktualitas majalah bisa satu minggu. sebagai contoh, apabila surat kabar kemarin atau dua hari yang lalu bila di baca saat ini nilai aktualitasnya hilang. Akan tetapi majalah yang terbit dua atau tiga hari yang lalu nilai aktualitasnya masih bertahan.

c. Ilustrasi dan foto lebih banyak dan menarik 

Jumlah halaman majalah lebih banyak, sehingga selain penyajian beritanya yang mendalam, majalah juga dapat menampilkan gambar/foto yang lengkap, dengan ukuran besar dan kadang-kadang berwarna, serta kualitas kertas yang digunakannya pun lebih baik.

d. Sampul sebagai daya tarik yang unik 

Di samping foto, cover atau sampul majalah juga merupakan daya tarik tersendiri. Cover adalah ibarat pakaian dan aksesorisnya pada manusia. cover majalah biasanya menggunakan kertas yang bagus dengan gambar dan warna yang menarik pula. Menarik tidaknya cover suatu majalah sangat bergantung pada tipe majalahnya, serta konsistensi atau keajegan majalah tersebut dalam menampilkan ciri khasnya

Jenis-jenis Majalah 

Menurut Assegaff (1983), berdasarkan isinya majalah dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:
  1. Majalah bergambar adalah majalah yang memuat berita berdasarkan gambar-gambar suatu peristiwa atau suatu karangan khusus berisikan foto-foto. 
  2. Majalah anak-anak adalah majalah khusus mengenai dunia anak-anak. 
  3. Majalah berita adalah majalah berkala mingguan yang menjadikan berita-berita dengan suatu gaya tulisan khas dilengkapi dengan foto-foto dan gambar. 
  4. Majalah kebudayaan adalah yang mengkhususkan masalah kebudayaan. 
  5. Majalah ilmiah adalah khusus berisi mengenai suatu bidang ilmu misalnya teknik radio, elektronika, hukum dan lain-lain. 
  6. Majalah keluarga adalah yang memuat karangan-karangan untuk seluruh keluarga, dari yang ringan bacaan anak-anak sampai kepada rumah tangga. 
  7. Majalah keagamaan adalah majalah yang isinya khusus mengenai majalah agama, juga mengenai pendidikan.
  8. Majalah mode adalah yang berisikan mode dan dilampiri lembaran berisikan pola pakaian. 
  9. Majalah perusahaan adalah majalah yang diterbitkan secara teratur oleh suatu perusahaan berisikan berita-berita atau berisi informasi mengenai kepegawaian, karyawan, kebijaksanaan dan produksi perusahaan. 
  10. Majalah remaja adalah majalah yang mengkhususkan isinya mengenai masalah remaja. 
  11. Majalah wanita adalah majalah yang berisikan karangan-karangan khusus mengenai dunia wanita, dari masalah-masalah mode, resep masakan, kekeluargaan dan juga yang dihiasi dengan foto-foto.

Kelebihan dan Kekurangan Majalah 

Majalah sebagai salah satu media informasi cetak juga memiliki kelebihan dan kekurangan, yaitu:

a. Kelebihan majalah 

  1. Khalayak sasaran. Dapat menjangkau khalayak yang sangat khusus. 
  2. Penerimaan khalayak. Kemampuan majalah dalam mengangkat nama atau citra produk yang diiklankan sejajar dengan persepsi khalayak sasaran terhadap prestise majalah yang bersangkutan.
  3. Long life span. Biasanya dibaca dalam jangka waktu lama dan sering digunakan sebagai referensi khusus.
  4. Kualitas visual. Kualitas tampilan visual biasanya sangat prima, karena pada umumnya dicetak di atas kertas berkualitas tinggi.

b. Kelemahan majalah 

  1. Fleksibilitasnya terbatas. Pemesanan iklan kebanyakan harus dilakukan jauh hari sebelum majalah terbit.
  2. Biaya tinggi. Biaya iklan relatif lebih mahal jika dibandingkan iklan di surat kabar, apalagi jika khalayak yang dijangkau tidak terseleksi. 
  3. Distribusi. Peredaran majalah dianggap lambat dibanding surat kabar.

Daftar Pustaka

  • Depdikbud. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
  • Ardianto, E., dan Erdiana. 2004. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
  • Danesi, Marcel. 2010. Pengantar Memahami Semiotika Media. Yogyakarta: Jalasutra.
  • Suryawati, Indah. 2011. Jurnalitik: Suatu Pengantar Teori dan Praktek. Bogor: Ghalia Indonesia.
  • Assegaff, Dja'far. 1983. Jurnalistik Masa Kini (Pengantar Praktek Kewartawanan). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Pengertian, Karakteristik dan Jenis-jenis Majalah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel