Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Perhatikan 7 Hal Ini Sebelum Memilih Web Hosting untuk Toko Online

Anda mau membuat toko online? Eits, tunggu dulu. Membuat toko online sekarang memang mudah. Anda tinggal menggunakan layanan CMS gratis, misalnya WordPress, untuk memiliki toko online impian tanpa harus punya skill coding.

pakai web hosting Indonesia untuk toko online

Tetapi, ada satu hal wajib yang mesti Anda pertimbangkan juga, yaitu layanan web hosting. Ya, memilih layanan web hosting sebaiknya tidak dilakukan asal-asalan. Karena peran hosting ini nantinya akan seperti "rumah" bagi website Anda. Artinya, ia akan menjadi fondasi utama yang mendukung kinerja toko online Anda.

Makanya, di sini kami ingin memberitahu Anda 7 hal penting yang harus diperhatikan untuk memilih web hosting yang tepat. Jadi, silakan dibaca baik-baik, ya!

1. Kualitas Server

Hal utama yang mesti dipertimbangkan adalah kualitas server yang dimiliki oleh penyedia hosting. Lihat apa saja spesifikasi server yang mereka punya, khususnya spesifikasi mengenai teknologi server yang digunakan, kecepatan prosesor, kapasitas RAM, harddisk, dan network speed.

Di samping itu, cari tahu juga dimana lokasi server mereka berada. Kalau target pasar toko online Anda adalah pelanggan di Indonesia, baiknya pilihlah jasa web hosting yang lokasi servernya juga di Indonesia.

2. Hosting Uptime

Hal kedua yang tak kalah penting adalah reliabilitas server atau uptime. Uptime ini merupakan parameter dari daya operasi server yang diukur dalam bentuk persen. Mengapa uptime begitu penting? Sebab, persentase uptime ini menunjukkan seberapa sering server hosting mengalami gangguan atau down. 

Misalnya saja web hosting yang Anda pilih mempunyai uptime 99.5%. Maka kemungkinan server hosting Anda akan down adalah: 0.05% x 30 hari x 24 jam x 60 menit = 21.6 menit per bulannya.
Intinya, carilah layanan hosting dengan angka uptime tinggi karena semakin tinggi persentase uptime, semakin minim pula peluang server hosting tersebut akan down.

3. Disk Space dan Bandwidth Unlimited

Disk Space merupakan jumlah kapasitas untuk menyimpan data atau file website Anda. Jika ingin membuat toko online, sebaiknya carilah layanan hosting yang memiliki jumlah Disk Space besar atau unlimited. Apalagi toko online pastinya akan butuh mengupload banyak katalog produk. Sehingga membutuhkan kapasitas penyimpanan lebih besar dibandingkan untuk blog, misalnya.

Lalu Bandwidth adalah jumlah besaran pertukaran data yang terjadi pada akun hosting. Apabila pertukaran data melebihi kapasitas bandwidth yang disediakan, ini menjadikan website Anda akan tersuspend. Alias tidak bisa diakses. Itu sebabnya, penting untuk Anda memilih layanan web hosting yang menawarkan kapasitas Bandwidth Unlimited (tanpa batas).

4. Garansi Uang Kembali

Siapa yang tidak senang dengan adanya jaminan garansi uang kembali? Siapapun layanan hosting yang menawarkan jaminan ini, artinya mereka benar-benar peduli dengan kepuasan Anda. Ketika Anda sudah terlanjur berlangganan, tapi ujungnya Anda malah merasa rugi atau tidak puas, maka Anda bisa mengajukan klaim untuk pengembalian dana. Namun pastikan Anda juga mencari tahu syarat dan ketentuannya terlebih dahulu. Minimal, tanyakan beberapa hal berikut ini ke pihak Customer Service mereka:
  • Bagaimana sistem pengembalian uangnya?
  • Apakah ada batas nominal uang yang akan dikembalikan?
  • Berapa lama waktu untuk uang tersebut dikembalikan?

5. Harga yang Sesuai Budget

Memang, soal harga mahal atau tidaknya itu relatif dari kualitas yang ditawarkan. Akan tetapi, maksud poin kami di sini ialah Anda mesti pintar-pintar membandingkan harga dari satu layanan hosting dengan yang lainnya. Cobalah cari hosting yang sekiranya menawarkan harga yang pas dengan budget Anda.

Umumnya, jasa penyedia hosting saat ini sering menawarkan harga paketan  berdasarkan jenis hosting. Misalnya hosting VPS (Virtual Private Server) akan jauh lebih mahal ketimbang paket hosting unlimited. Ini dikarenakan VPS memiliki spesifikasi teknis yang lebih unggul, sehingga performanya pun jauh lebih mumpuni. Atau bisa juga pilih jasa hosting yang sering mengadakan promo. Misalnya seperti promo domain Niagahoster yang seringkali memberikan korting pada beberapa ekstensi domain populer, beserta paket promo hosting lainnya.

6. Customer Support 24 Jam

Memiliki toko online, itu artinya toko Anda harus siap online kapanpun tanpa batas waktu tertentu. Sehingga, Anda juga perlu mencari penyedia hosting yang mempunyai fasilitas Customer Support (CS) 24 jam. Dengan begitu, saat website Anda mengalami kendala di jam-jam yang tidak terduga, Anda tidak harus kelabakan mencari pertolongan. Tinggal hubungi pihak CS dari penyedia hosting, masalah Anda pun akan segera teratasi. 

Oh iya, jangan lupa juga cari tahu bagaimana Anda bisa menghubungi mereka. Utamanya, mereka yang memiliki pelayanan baik pasti menyediakan banyak alternatif untuk bisa berkomunikasi dengan Anda. Seperti melalui live chat, panggilan telepon atau email.

7. Backup Data

Tidak ada yang tahu masalah apa yang akan terjadi pada website Anda di kemudian hari. Bisa saja, tiba-tiba website Anda mengalami crash. Atau kecolongan hacker yang akhirnya membuat beberapa data penting website Anda hilang.

Itulah alasannya, Anda wajib menanyakan ke pihak jasa penyedia hosting apakah mereka memfasilitasi sistem backup data secara teratur. Jadi, jika hal-hal yang tidak diinginkan ini terjadi, Anda bisa me-restore atau mengembalikan data-data website dengan mudah.

Oh iya, pastikan juga kalau mereka menyediakan panel kontrol hosting yang user friendly ya. Dalam artian, Anda bisa mengakses panel kontrol dengan mudah sehingga proses backup dan restore bisa berjalan efektif.

Saat ini ada banyak layanan web hosting Indonesia untuk toko online yang tersedia di internet. Namun dari sekian banyaknya pilihan, pastikan Anda bisa memilih hosting terbaik agar kinerja website Anda bisa maksimal. 

Oleh karena itu, di artikel ini kami menjelaskan 7 hal penting yang perlu Anda pertimbangkan sebelum berlanggan hosting. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat buat Anda yang ingin membangun toko online impian. Good luck!

1 komentar untuk "Perhatikan 7 Hal Ini Sebelum Memilih Web Hosting untuk Toko Online"