Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

8 Keuntungan Mahasiswa yang Kuliah di Jakarta

8 Keuntungan Mahasiswa yang Kuliah di Jakarta

Sebagai ibu kota negara, Jakarta adalah kota besar yang bisa dibilang memiliki segalanya. Jakarta adalah kota yang menjadi pusat pemerintahan, pusat bisnis, pusat perbelanjaan, hingga pusat pendidikan. Tak heran, sejak dulu Jakarta selalu menjadi tujuan banyak orang untuk mengadu nasib dan meraih mimpi.

Bagi banyak anak muda di kota-kota di luar Jakarta, berkuliah di Jakarta merupakan langkah awal mencapai kesuksesan. Berkuliah di Jakarta juga bisa menjadi gerbang untuk merintis kesuksesan di kancah internasional. 

Selain itu, ada banyak keuntungan dari kuliah di Jakarta. Yuk, cari tahu apa saja keuntungan kuliah di Jakarta.

1. Banyak pilihan kampus

Jumlah perguruan tinggi di kota-kota selain Jakarta umumnya tidak terlalu banyak. Sementara itu, jumlah perguruan tinggi di Jakarta saat ini sudah mencapai lebih dari 400 kampus; dengan peringkat akreditasi mulai dari baik, baik sekali, dan unggul. Banyaknya pilihan kampus ini menjadi daya tarik utama para calon mahasiswa untuk berkuliah di Jakarta. Banyaknya pilihan perguruan tinggi berarti semakin banyak pilihan jurusan, program studi, dan tentu saja biaya. 

2. Kampus-kampus berkualitas

Di luar Jakarta tentu ada juga perguruan tinggi berkualitas. Namun, sebagian perguruan tinggi di Jakarta bermitra dengan perguruan tinggi dari luar negeri. Layanan dan mutu pendidikan yang ditawarkan tentu berbeda dari kampus pada umumnya. 

Selain itu, banyak perguruan tinggi di Jakarta yang berambisi menjadi world class university. Kampus-kampus itu secara hati-hati menjaga mutu pelayanannya agar setara dengan kampus-kampus di luar negeri. Bila Anda memiliki rencana untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri, ada baiknya Anda berkuliah di kampus yang memiliki program kelas internasional atau menawarkan double degree.

3. Fasilitas lengkap dan berteknologi tinggi

Banyaknya jumlah perguruan tinggi di Jakarta membuat banyak lembaga pendidikan berlomba menyediakan fasilitas pendidikan terdepan dan terbaik. Hal ini bisa menjadi salah satu pertimbangan Anda saat hendak memilih kampus. Berkuliah di kampus yang memiliki fasilitas lengkap dan berteknologi tinggi merupakan impian banyak calon mahasiswa. Ini bisa Anda rasakan bila kuliah di Jakarta, tentunya di kampus yang memiliki reputasi sangat baik.

4. Kesempatan magang di perusahaan bergengsi

Jakarta adalah kota metropolitan yang juga menjadi pusat bisnis nasional. Banyak perusahaan nasional maupun multinasional yang membuka kantor di Jakarta. Dengan berkuliah di Jakarta, Anda dapat mencoba peruntungan untuk magang di perusahaan-perusahaan bergengsi tersebut. Apalagi, sebagian kampus di Jakarta sudah menjalin relasi baik dengan banyak perusahaan sehingga kesempatan untuk magang sudah lebih terbuka. Peluang seperti ini tentu sulit didapatkan bila Anda kuliah di kota yang bukan menjadi pusat bisnis. 

5. Beragam moda transportasi

Sebagai ibu kota negara, Jakarta menyediakan banyak pilihan alat transportasi umum. Ini tentu saja sangat membantu mobilitas warganya. Anda dapat bepergian menggunakan bus TransJakarta, angkutan kota, kereta rel listrik (KRL), MRT, LRT, hingga taksi. Anda yang tak memiliki kendaraan pribadi tak perlu pusing memikirkan bagaimana cara bepergian di dalam kota karena ada banyak pilihan alat transportasi umum yang tarifnya pun cukup terjangkau. 

6. Fasilitas publik yang lengkap

Sebagai kota besar, Jakarta memiliki banyak sekali fasilitas publik yang disediakan untuk warganya. Mulai dari fasilitas kesehatan, pendidikan, hiburan, ruang terbuka hijau, tempat parkir khusus sepeda, hingga moda transportasi. Lebih menggembirakan lagi, sebagian fasilitas itu dapat dinikmati secara gratis alias tanpa biaya.

7. Lingkup pergaulan luas

8 Keuntungan Mahasiswa yang Kuliah di Jakarta

Jakarta menjadi tempat tujuan orang-orang dari daerah maupun dari luar negeri. Tidak sedikit orang asing yang berkuliah atau bekerja di Jakarta demi mendapatkan pengalaman yang unik dan menantang. Anda pun berkesempatan untuk bergaul dan bekerja dengan orang-orang dengan beragam latar belakang, baik dari dalam maupun luar negeri. Pengalaman pergaulan ini akan memperkaya wawasan, serta membuka jalur networking dalam membangun karier.

8. Lapangan pekerjaan terbuka luas

Sebagai pusat bisnis dan ekonomi, di Jakarta terdapat begitu banyak perusahaan yang mencari tenaga kerja baru maupun yang sudah berpengalaman. Ini juga menjadi alasan kenapa banyak anak muda di daerah kemudian berkuliah di Jakarta. 

Di daerah, peluang kerja biasanya lebih sedikit dan variasinya terbatas. Di kota besar seperti Jakarta, tenaga kerja dengan beragam jenis keahlian dibutuhkan banyak perusahaan atau lembaga. Lapangan pekerjaan terbuka luas di kota metropolitan ini maupun di kota-kota penyangganya, seperti Tangerang, Bogor, Bekasi, dan Depok. Lulusan perguruan tinggi dengan nilai memuaskan dan keahlian yang baik memiliki pilihan yang banyak untuk memulai karier. 

Hindari Kerugian Akibat Sakit

Dalam situs web Doktersehat disebutkan, orang yang tinggal di kota besar memiliki beberapa risiko kesehatan yang disebabkan oleh faktor-faktor berikut:

  • Polusi udara
  • Polusi air
  • Stres karena tingkat kepadatan tinggi
  • Mudah terkena infeksi
  • Mudah mengalami alergi
  • Gangguan mood
  • Sering insomnia

Anda yang kuliah di Jakarta perlu melakukan langkah-langkah khusus untuk melindungi diri dari risiko kesehatan. Berikut panduan umum yang dapat Anda praktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Rajin mencuci tangan, terutama sebelum makan. Tingkat polusi udara di kota besar umumnya tinggi. Fasilitas publik di kota besar juga dipakai banyak orang sehingga tinggi risiko tercemar kuman.
  2. Selalu gunakan masker saat bepergian ke luar ruangan, terutama saat berada di ruang publik. Masker dapat memberikan perlindungan bagi Anda dari risiko terekspos langsung dengan pencemaran udara. 
  3. Selalu cuci bersih sayuran dan buah sebelum dimakan. 
  4. Perhatikan kebersihan tempat penjual makanan saat Anda hendak makan di luar.
  5. Jaga kebersihan diri, terutama bagi Anda yang banyak beraktivitas di luar ruangan.
  6. Penuhi kebutuhan cairan harian. Ini penting untuk mencegah dehidrasi. Udara di kota cenderung lebih panas sehingga Anda berisiko terkena dehidrasi bila asupan cairan tidak mencukupi.

Tak bisa dimungkiri, setiap orang memiliki risiko untuk sakit. Pastinya, biaya kesehatan di wilayah perkotaan lebih besar daripada di kota kecil atau perdesaan. Dengan risiko kesehatan yang mengintai di kota besar, ada baiknya Anda memiliki perlindungan berupa asuransi kesehatan. 

Asuransi kesehatan akan membantu Anda terlindungi dari risiko kerugian finansial akibat sakit. Dengan asuransi kesehatan, Anda tidak perlu pusing memikirkan biaya saat sakit dan berobat, bahkan jika harus rawat inap, karena akan ditanggung perusahaan asuransi. 

Asuransi Mega Hospital Investa dari PFI Mega Life yang merupakan pilihan terbaik untuk asuransi kesehatan menawarkan santunan rawat inap karena sakit/kecelakaan, santunan rawat inap ICU/ICCU, santunan meninggal dunia karena sakit dan kecelakaan, dan pengembalian premi (no-claim bonus). Salah satu keunggulan Mega Hospital Investa adalah besar premi dan manfaat santunannya bervariasi, dan dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan Anda. Misalnya, dengan membayar premi mulai dari Rp 7.000 per hari, Anda akan mendapat santunan sampai dengan Rp 1 juta per hari.

Jagalah kesehatan Anda saat kuliah di Jakarta. Lakukan langkah-langkah pencegahan penyakit dan lindungi diri dengan asuransi kesehatan terbaik.

Posting Komentar untuk "8 Keuntungan Mahasiswa yang Kuliah di Jakarta"