Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahan Kain Terbaik Untuk Membuat Jaket

Memilih bahan jaket yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan sangatlah penting, karena salah dalam pemilihan bahan akan mempengaruhi kualitas jaket yang dihasilkan. Dalam hal ini banyak sekali macam-macam bahan jaket yang ada di pasaran dan karakteristiknya pun juga berbeda-beda. Memang benar bahwa semua kain tidak dibuat sama. Satu jenis kain barangkali lebih cocok untuk membuat jaket, sementara yang lain tidak.

Bahan jaket yang baik adalah bahan kain yang dapat menahan panas dan dingin suhu sekitar sehingga penggunanya akan merasa hangat. Selain bersifat menghangatkan bahan tersebut setidaknya juga harus mempunyai karakteristik khusus seperti misalnya kuat dan tidak mudah sobek, awet, mudah kering, ringan dan lebih bagus kalau anti air. Milky Taslan merupakan jenis kain yang sangat direkomendasikan sebagai bahan jaket, terutama bahan jaket outdoor.

Bahan Kain Terbaik Untuk Membuat Jaket

Dilengkapi fitur utama berupa active waterproof dan windproof, Milky Taslan mampu memenuhi semua kriteria yang diperlukan sebagai bahan pembuat jaket outdoor. Di tanah air, jenis bahan semacam ini sering disebut dengan kain parasit.

Tapi dibanding kain parasit lain yang sama-sama diproduksi dari bahan sintetis, Milky Taslan termasuk jenis premium. Diproduksi dengan nanoteknologi, serat kain Milky Taslan terlihat lebih bertekstur berkat metode air jet texturing sehingga memiliki jalinan benang dengan tingkat kerapatan tinggi.

Fitur Milky Taslan

Fitur Milky Taslan

Sebagai kain ekslusif untuk membuat jaket, Milky Taslan dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan. Semua fitur dimaksudkan agar kain terasa nyaman saat digunakan terlebih di area dingin dengan suhu kelembaban tinggi.

a. Durable Water Repellency

Saat kain terkena air, kain akan menolak sehingga air akan lari jatuh dan tidak menembus kain. Ini karena permukaan kain sudah diberi lapisan durable water repellency (DWR). Coba pikirkan tentang daun talas yang terkena air, kurang lebih seperti itu sifat kain Milky Taslan. Sedikit beda dengan waterproof, DWR memiliki kinerja yang lebih spesifik, yaitu mencegah cairan melakukan penetrasi.

b. Laminated Nylon

Serat sintetis pada Milky Taslan dihasilkan dari benang nilon yang kemudian dilaminasi agar efektif untuk menahan air. Lapisan waterproof lalu diberikan agar kain memiliki efek seperti menolak air. Saat dipegang, terdapat semacam karet sintetis guna meningkatkan sifat tahan air.

Meski kain pada akhirnya menjadi sedikit kaku, tapi kombinasi tersebut menghasilkan struktur kain yang kuat dan cukup mampu mengalirkan udara keluar masuk. Selain digunakan untuk jaket, kain seperti ini juga cocok untuk topi atau wearable produk lain.

c. Windproof

Waterproof sudah pasti, tapi Milky Taslan juga dilengkapi fitur windproof. Sebagai kain yang didesain untuk jaket, Milky Taslan tak hanya mampu menahan air, tapi juga angin. Serat sintetis dengan tingkat kerapatan tinggi mampu menahan hembusan angin mengenai tubuh pengguna secara langsung.

Jadi tak perlu heran jika kain Milky Taslan juga banyak digunakan untuk membuat jaket motor selain jaket gunung. Dengan fitur ini, pemanfaatan Milky Taslan bisa lebih luas lagi, misalnya untuk membuat parasut, tenda, jas hujan, atau bahkan payung.

Karakteristik Milky Taslan

Karakteristik Milky Taslan

Beberapa fitur yang dihadirkan Milky Taslan sebagai kain premium untuk membuat jaket memberi karakteristik tersendiri. Bahkan saat digabungkan dengan keluarga Taslan sendiri, Milky Taslan memiliki karakteristik yang tampak berbeda.

a. Permukaan Cenderung Licin

Desain ini dibuat tanpa alasan. Permukaan yang licin akan mengalirkan air secara maksimal sehingga tak sempat meresap. Selain itu, serat sintetis dengan tingkat kerapatan tinggi berguna untuk menghalangi air masuk, tapi juga sekaligus membuat lapisan kain terasa lebih licin saat dirasakan.

Lebih jauh, desain permukaan yang demikian juga berguna untuk menahan minyak atau cairan lain yang sekiranya berpotensi meresap ke dalam kain. Karena air tidak diserap, kemungkinan terjadinya jamur juga bisa dihindari sehingga perawatan yang diberikan sangat minimal.

b. Terdapat Semacam Lapisan Balon

Pada konstruksi lapisan kain di bagian dalam, lapisan karet sintetis ditambahkan untuk memaksimalkan daya tolak air sekaligus mencegah suhu dan kelembaban masuk menembus kain. Jika dilihat sekilas, karet sintetis ini terlihat seperti lapisan balon dengan motif yang tak biasa.

c. Kontruksi Kain Kuat

Tingkat kerapatan serat yang tinggi tak hanya berguna mencegah air menembus pori-pori kain, tapi juga sekaligus menguatkan konstruksi kain itu sendiri. Hasilnya, Milky Taslan lebih awet saat dibuat jaket meski digunakan dengan frekuensi tinggi.

Konstruksi kain yang digunakan Milky Taslan juga memberi keistimewaan sendiri, yaitu tidak mudah kusut. Kapan saja saat dibutuhkan, jaket dari bahan Milky Taslan tak perlu harus dirapikan dulu karena memang pada dasarnya tak mudah kusut.

d. Cepat Kering

Kain waterproof didesain khusus guna melindungi tubuh penggunanya. Sebagai kain waterproof, Milky Taslan mampu melindungi tubuh karena cepat mengering saat terkena basah. Serat sintetis dipadu dengan teknologi DWR membuat Milky Taslan lebih superior pada aspek ini.

Dibanding katun, bahan sintetis sangat unggul pada aspek cepat kering. Katun pastinya akan menyerap semua bentuk cairan dan debu lalu menyimpannya dalam kain sehingga tampak berat seiring waktu. Ini tak akan terjadi pada bahan sintetis seperti yang digunakan Milky Taslan.