Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Metode Pembelajaran Pair Check

Metode pembelajaran pair check adalah suatu model pembelajaran kooperatif atau kerja kelompok yang berpasangan (kelompok sebangku), dimana salah seorang menyajikan persoalan dan temannya mengerjakan pengecekan kebenaran jawaban. Metode ini bertujuan untuk berfokus pada masalah-masalah dengan jawaban konvergen (seragam). Selain itu metode pair check berguna untuk melatih kerja sama, tanggung jawab, dan kemampuan memberi penilaian.

Metode Pembelajaran Pair Check

Metode pair check pertama kali dikenalkan oleh Spencer Kagan pada tahun 1990. Metode pembelajaran ini digunakan untuk melatih setiap pasangan agar berlomba-lomba memenangkan tugas atau permainan secara kelompok. Model ini menerapkan pembelajaran kooperatif yang menuntut kemandirian dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan berbagai persoalan.

Metode pembelajaran pair check dilaksanakan dengan urutan berikut; bekerja berpasangan, pembagian peran, pelatih memberi soal dan partner menjawab, mengecek jawaban, bertukar peran, penyimpulan, dan penegasan. Metode pair check mengadaptasikan pengajaran terhadap perbedaan individual berkaitan dengan kemampuan siswa maupun dalam pencapaian prestasi siswa.

Pengertian Metode Pembelajaran Pair Check 

Berikut definisi dan pengertian metode pembelajaran pair check dari beberapa sumber buku: 

  • Menurut Sanjaya (2007), pair check adalah suatu tipe pembelajaran kooperatif yang berpasangan (kelompok sebangku) yang bertujuan untuk mendalami atau melatih materi yang telah dipelajari. 
  • Menurut Eggen dan Kauchak (2012), pair check adalah sebuah strategi kerja kelompok yang melibatkan siswa berpasangan di dalam kegiatan di balik meja yang berfokus pada masalah-masalah dengan jawaban konvergen (seragam). 
  • Menurut Huda (2014), pair check adalah metode pembelajaran berkelompok antar dua orang atau berpasangan yang menuntut dan melatih tanggung jawab sosial siswa, kerja sama, dan kemampuan memberi penilaian. 
  • Menurut Hadi dan Umi (2015), pair check adalah model pembelajaran untuk menyelesaikan persoalan yang diberikan dimana dalam pembelajaran siswa saling berpasangan.
  • Menurut Istarani (2015), pair check adalah model pembelajaran kooperatif dimana siswa berkelompok berpasangan sebangku, salah seorang menyajikan persoalan dan temannya mengerjakan pengecekan kebenaran jawaban, bertukar peran, penyimpulan dan evalusai, refleksi.

Langkah-langkah Metode Pembelajaran Pair Check 

Menurut Huda (2014), langkah-langkah dalam pembelajaran menggunakan metode pair check adalah sebagai berikut: 

  1. Bagilah siswa di kelas anda ke dalam kelompok-kelompok yang terdiri dari 4 orang. 
  2. Bagi lagi kelompok-kelompok siswa anda tersebut menjadi pasangan-pasangan. Jadi akan ada partner A dan partner B pada kedua pasangan. 
  3. Berikan setiap pasangan ini beberapa soal untuk dikerjakan. 
  4. Berikutnya, berikan kesempatan kepada partner A untuk mengerjakan soal nomor 1, sementara partner B mengamati, memberi motivasi, membimbing (bila diperlukan) partner A selama mengerjakan soal nomor 1 tersebut. 
  5. Selanjutnya bertukar peran, partner B mengerjakan soal nomor 2, dan partner A mengamati, memberi motivasi, membimbing (bila diperlukan) partner A selama mengerjakan soal nomor 2 tersebut. 
  6. Setelah 2 soal terselesaikan, maka pasangan tersebut mengecek hasil pekerjaan mereka berdua dengan pasangan lain yang satu kelompok dengan mereka. 
  7. Setiap kelompok yang memperoleh kesepakatan merayakan keberhasilan mereka, atau guru memberikan penghargaan. Guru dapat memberikan pembimbingan bila kedua pasangan di dalam kelompok tidak menemukan kesepakatan.
  8. Langkah nomor 4, 5, dan 6 diulang lagi untuk menyelesaikan soal nomor 3 dan 4, demikian seterusnya sampai semua soal selesai dikerjakan setiap kelompok. 

Adapun menurut Kustawan (2013), tahapan dalam pembelajaran menggunakan metode pair check adalah sebagai berikut: 

  1. Bekerja berpasangan. Bentuk tim dalam pasang-pasangan dua siswa dalam pasangan itu mengerjakan soal yang pas sebab semua itu akan membantu melatih. 
  2. Pelatih mengecek. Apabila partner benar, pelatih memberi kupon. 
  3. Bertukar peran. Seluruh partner bertukar peran dan mengulangi langkah 1-3. 
  4. Pasangan mengecek. Seluruh pasangan tim kembali bersama dan membandingkan jawaban.
  5. Penegasan guru. Guru mengarahkan jawaban/ide sesuai konsep.

Kelebihan dan Kekurangan Metode Pair Check 

Setiap metode pembelajaran biasanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, begitu juga dengan metode pair check. Menurut Huda (2014), kelebihan dan kekurangan metode pembelajaran pair check adalah sebagai berikut:

a. Kelebihan Pair Check 

Kelebihan atau keunggulan metode pembelajaran pair check adalah: 

  1. Melatih siswa untuk bersabar, yaitu dengan memberikan waktu bagi pasangannya untuk berpikir dan tidak langsung memberikan jawaban (menjawabkan) soal yang bukan tugasnya. 
  2. Melatih siswa memberikan dan menerima motivasi dari pasangannya secara tepat dan efektif. 
  3. Melatih siswa untuk bersikap terbuka terhadap kritik atau saran yang membangun dari pasangannya, atau dari pasangan lainnya dalam kelompoknya. Yaitu saat mereka saling mengecek hasil pekerjaan pasangan lain di kelompoknya. 
  4. Memberikan kesempatan pada siswa untuk membimbing orang lain (pasangannya). 
  5. Melatih siswa untuk bertanya atau meminta bantuan kepada orang lain (pasangannya) dengan cara yang baik (bukan langsung meminta jawaban, tapi lebih kepada cara-cara mengerjakan soal/menyelesaikan masalah). 
  6. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menawarkan bantuan atau bimbingan pada orang lain dengan cara yang baik.

b. Kekurangan Pair Check 

Kekurangan atau kelemahan metode pembelajaran pair check adalah:

  1. Membutuhkan waktu yang lebih banyak. 
  2. Membutuhkan keterampilan siswa untuk menjadi pembimbing pasangannya, dan kenyataannya setiap partner pasangan bukanlah siswa dengan kemampuan belajar yang lebih baik. Jadi kadang-kadang fungsi pembimbingan tidak berjalan dengan baik.

Daftar Pustaka

  • Sanjaya. 2007. Metode Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
  • Kauchak, Paull Eggen Don. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks.
  • Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  • Hadi, Sutarto dan Umi, Maidatina Kasum. 2015. Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Memeriksa Berpasangan (Pair Checks). EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika.
  • Istarani. 2015. Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
  • Kustawan, Dedy. 2013. Analisis Hasil Belajar. Jakarta: Luxima Metro Media.
PERHATIAN
Jika ingin mengcopy-paste referensi dari KajianPustaka.com, mohon untuk menambahkan sumber rujukan di daftar pustaka dengan format berikut:
Riadi, Muchlisin. (). Metode Pembelajaran Pair Check. Diakses pada , dari https://www.kajianpustaka.com/2022/03/metode-pembelajaran-pair-check.html