Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK)

Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) adalah bentuk pengetahuan yang dibutuhkan oleh seorang guru berupa interaksi antara konten, pedagogik, dan teknologi yang kemudian diditerapkan sesuai dengan konteks sehingga proses pembelajaran mencapai hasil yang maksimal. Pedagogical Content Knowledge (PCK) pertama kali dikenalkan oleh Shulman pada tahun 1986, yang kemudian ditambahkan unsur teknologi oleh Koehler dan Mishra pada tahun 2006 sehingga menjadi Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK).

TPACK terbentuk dari penggabungan antar pedagogical knowledge dengan technology knowledge. TPACK adalah dasar dari pembelajaran yang efektif menggunakan teknologi, yang dapat memperbaiki permasalahan peserta didik, dimana konsep materi pelajaran yang sulit ataupun mudah dapat dipahami oleh peserta didik serta dapat membangun pengetahuan peserta didik dengan mengembangkan metode pembelajaran atau memperkuat pengetahuan yang lama.

Menggunakan teknologi untuk mengajarkan suatu materi dapat membuat suatu materi atau konsep yang sulit mudah untuk dipahami dan dapat mengatasi, membantu, memperbaiki permasalahan yang dihadapi guru maupun siswa. TPACK memberikan suatu pemahaman guru bagaimana suatu teknologi dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk mengembangkan metode atau cara yang baru, menciptakan suatu pengajaran yang efektif.

Pengertian TPACK 

Berikut definisi dan pengertian Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dari beberapa sumber buku dan referensi: 

  • Menurut Mishra dan Koehler (2006), TPACK adalah bentuk pengetahuan yang saling berhubungan, yaitu antara konten, pedagogik, dan teknologi.
  • Menurut Rahayu (2017), TPACK adalah pengetahuan yang dibutuhkan untuk mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran. Pengetahuan yang dibutuhkan tersebut pengetahuan teknologi, pengetahuan pedagogi, pengetahuan konten, dan bagaimana ketiga pengetahuan tersebut dapat digunakan sesuai dengan konteksnya.
  • Menurut Feladi dan Puspitasari (2018), TPACK adalah konsep yang dibutuhkan oleh guru dimana dapat mengintegrasikan teknologi, pedagogik, dan isi yang diterapkan sesuai dengan konteks sehingga proses pembelajaran mencapai maksimal. 
  • Menurut Chuang (2011), TPACK adalah sebuah framework (kerangka kerja) yang kompleks interaksi antara pengetahuan guru mengenai konten (Content), Pedagogik (Pedagogy), dan Teknologi (Technology).
  • Menurut Çoban, dkk (2016), TPACK adalah sebuah sintesis pengetahuan yang bertujuan untuk memasukkan teknologi informasi dan komunikasi serta teknologi pendidikan ke dalam proses pembelajaran di kelas.

Komponen TPACK 

Terdapat tujuh komponen dari Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK), yaitu Content Knowledge (CK), Pedagogical Knowledge (PK), Technology Knowledge (TK), Pedagogical Content Knowledge (PCK), Technological Content Knowledge (TCK), dan Technological Pedagogical Knowledge (TPK), Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Adapun gambar dan penjelasan dari masing-masing komponen tersebut adalah sebagai berikut:

Komponen TPACK

a. Content Knowledge (CK) 

Content knowledge (CK) atau pengetahuan konten adalah pengetahuan guru tentang bidang ilmu yang akan diajarkan kepada siswa yang berkaitan dengan kedalaman dan keluasan konten. Guru harus memahami materi yang akan diajarkan termasuk pengetahuan fakta-fakta, konsep, teori dan prosedur pada materi pelajaran yang akan diajarkan. Konten termasuk pengetahuan tentang konsep, teori, ide, kerangka organisasi, metode pembuktian dan pembuktian, serta praktik mapan dan pendekatan menuju pengembangan pengetahuan tersebut di dalam disiplin ilmu. Guru menguasai dan mempelajari materi agar dapat menjelaskan dan menyampaikan materi secara jelas, logis serta dapat menjawab pertanyaan dan memberikan contoh yang relevan dan menggunakan sumber belajar sesuai dengan materi yang diajarkan.

b. Pedagogical Knowledge (PK) 

Pedagogical Knowledge (PK) adalah pengetahuan yang dimiliki oleh guru mengenai model, metode pengajaran, dan pendekatan pembelajaran. hal tersebut mencangkup cara dan seni dalam mendidik atau mengajar, yang dimana bertujuan untuk membangun keterampilan peserta didik berupa pemahaman pembelajaran, bagaimana peserta didik belajar di dalam kelas, perencanaan pembelajaran dan penilaian terhadap kemajuan belajar peserta didik. Pedagogical knowledge mendeskripsikan suatu pengetahuan tentang metode mengajar yang berbeda-beda dan bagaimana mengorganisasikan aktivitas kelas yang kondusif. Pedagogical knowledge berkaitan dengan teori dan praktik dalam perencanaan, proses, dan evaluasi pembelajaran peserta didik. Pemahaman guru yang berkaitan dengan pedadogik meliputi pengetahuan tentang karakter peserta didik, pengelolahan kelas, dan proses penilaian hasil belajar.

c. Technology Knowledge (TK) 

Technology Knowledge (TK) merupakan pengetahuan tentang cara menggunakan teknologi. Pemahaman tersebut bertujuan untuk memanfaatkan teknologi informasi yang semakin hari semakin berkembang pesat. Pemahaman guru yang berkaitan dengan TK yaitu bagaimana guru menggunakan software dan hardware komputer, proyektor, dan teknologi lainnya yang berkaitan dengan pendidikan. Cara penerapan TK dalam proses pembelajaran yaitu guru mampu menggunakan dan memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran, mencari referensi, dan sumber belajar.

d. Pedagogical Content Knowledge (PCK) 

Pedagogical Content Knowledge (PCK) adalah pengetahuan yang mengacu pada pengetahuan konten yang berhubungan dengan proses pembelajaran. PCK mengacu pada konsep pengetahuan pedagogis guru dalam menerapkan pembelajaran terhadap konten tertentu, sehingga pemebelajaran menjadi efektif. Gabungan ini melahirakan ide-de pokok untuk mempersentasikan pembelajaran dengan baik dan benar tetapi tidak terlepas dari kurikulum, pembelajaran, pengajaran dan penilaian. Pedagogical Content Knowledge (PCK) dapat diterapkan guru dengan melakukan refleksi setelah mengajar, wawancara atau dialog dengan peserta didik, diskusi dengan guru lain, kegiatan yang mendukung seperti seminar, penelitian tindakan kelas, kursus, masuk organisasi profesi, menulis di jurnal dan media masa.

e. Technological Content Knowledge (TCK) 

Technological Content Knowledge (TCK) adalah gabungan antara pemahaman teknologi dengan konten sehingga menjadi sebuah metode pembelajaran yang saling melengkapi satu sama lain. Pengajar dalam konteks ini harus menguasai lebih dari satu materi dan juga perlu memahamai teknologi yang spesifik dan tepat untuk diterapkan pada bahan ajar, sehingga jika diterapkan teknologi tersebut akan mudah dipahami oleh peserta didik. Guru yang memiliki pengetahuan teknologi yang baik akan berdampak pada kemampuan menyampaikan materi dengan baik sehingga materi yang disampaikan akan mudah dipahami. Dengan memahami TCK guru akan mampu dan dapat menentukan media teknologi mana yang tepat untuk menyampaikan materi yang diajarkan.

f. Technological Pedagogical Knowledge (TPK) 

Technological Pedagogical Knowledge (TPK) adalah bagaimana berbagai jenis teknologi dapat digunakan di dalam pembelajaran dan pemahaman penggunaan teknologi dapat mengubah cara guru mengajar. TPK bertujuan untuk memahami teknologi apa yang tepat untuk mencapai tujuan pedagogik, serta memungkinkan guru untuk memilih peralatan apa yang paling tepat berdasarkan kelayakannya untuk mencapai tujuan pedagogik. Teknologi sebagai media atau sumber belajar dapat menciptakan metode baru serta memudahkan untuk diaplikasikan dalam proses pembelajaran. Sebagai contoh yang disebabkan atas perkembangan lingkungan dan kebutuhan pada masyarakat menuntut guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mendesain pembelajaran, salah satunya yaitu pembelajaran online (e-learning).

g. Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) 

Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) adalah pengetahuan yang kompleks yang saling mempengaruhi di antara tiga komponen dasar (CK, PK, TK) ketika guru mengajar di dalam proses pembelajaran, konten yang digunakan sesuai dengan metode pedagogi dan teknologi. TPACK merupakan pembelajaran efektif dengan menggunakan teknologi, memerlukan pemahaman representasi dengan menggunakan teknologi. TPACK merupakan pengetahuan tentang penggunaan teknologi yang sesuai dengan pedagogik guna untuk menyampaikan materi pelajaran dengan baik. Pengetahuan ini sangat dibutuhkan guru untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam pengajaran materi guna menghasilkan pembelajaran yang efektif, efisien dan maksimal.

Daftar Pustaka

  • Mishra, P., dan Koehler, M.J. 2006. Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record.
  • Rahayu, S. 2017. Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Integrasi ICT Dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA IX.
  • Feladi, V., dan Puspitasari, H. 2018. Analisis Profil TPACK Guru TIK SMA di Kecamatan Pontianak Kota. JEPIN (Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika).
  • Baran, E., Chuang, H-H., & Thompson, A. 2011. TPACK: An Emerging Research and Development Tool for Teacher Educators. Turkish Online Journal of Educational Technology.

PERHATIAN
Jika ingin mengcopy-paste referensi dari KajianPustaka.com, mohon untuk menambahkan sumber rujukan di daftar pustaka dengan format berikut:
Riadi, Muchlisin. (). Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK). Diakses pada , dari https://www.kajianpustaka.com/2022/12/TPACK.html