Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script

Model pembelajaran kooperatif tipe script adalah salah satu bentuk model pembelajaran kooperatif, yakni adanya upaya kerja sama dalam mencapai tujuan. Strategi pembelajaran koopratif tipe script adalah siswa dipasang-pasang-kan yang kemudian masing-masing berperan sebagai pembicara dan pendengar, dimana dilakukan bergantian secara lisan dalam mengikhtiarkan materi-materi yang dipelajari. Tujuan dari pembelajaran kooperatif tipe script adalah agar siswa menjadi lebih aktif, bertanggung jawab, berani berbicara, serta mampu mengambil sebuah kesimpulan.

Model pembelajaran kooperatif tipe script

Model pembelajaran kooperatif tipe script merupakan metode yang saling membutuhkan antara teman yang satu dengan yang lain demi terlaksananya proses belajar yang aktif. Pembelajaran kooperatif tipe script memberi ruang dan kesempatan seluas-luasnya kepada setiap siswa untuk bertatap muka, saling memberikan informasi dan saling membelajarkan. Interaksi tatap muka akan memberikan pengalaman yang berharga kepada setiap anggota kelompok untuk bekerja sama, menghargai setiap perbedaan, memanfaatkan kelebihan masing-masing anggota dan mengisi kekurangan masing-masing.

Strategi pembelajaran kooperatif tipe script adalah pembelajaran yang menggambarkan interaksi siswa seperti ilustrasi kehidupan sosial. Siswa dengan lingkungan nya sebagai individu, dalam keluarga, kelompok masyarakat, dan masyarkat yang lebih luas. Melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe script juga secara tidak langsung terjadi kontrak belajar antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa mengenai cara berkolaborasi untuk bekerjasama dalam menyelesaikan atau memecahkan suatu masalah dalam pembelajaran.

Pengertian Kooperatif Tipe Script 

Berikut definisi dan pengertian model pembelajaran kooperatif tipe script dari beberapa sumber buku dan referensi: 

  • Menurut Hajaryanti dan Kuraedah (2018), kooperatif tipe script adalah model pembelajaran yang membantu peserta didik lebih aktif, lebih bertanggung jawab, memiliki kemampuan berpendapat, menarik kesimpulan dan meningkatkan daya ingat dan suatu cara bekerjasama dalam membuat naskah tulisan tangan dengan berpasangan dan bergantian secara lisan dalam mengikhtisarkan materi-materi yang dipelajari. 
  • Menurut Huda (2013), kooperatif tipe script adalah salah satu strategi pembelajaran dimana peserta didik bekerja secara berpasangan dan bergantian secara lisan dalam mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yang dipelajari. 
  • Menurut Hadi (2007), kooperatif tipe script adalah metode pembelajaran yang mengembangkan upaya kerja sama dalam pencapaian tujuan bersama. Pada metode kooperatif script siswa siswa dipasangkan dengan temannya dan akan berperan sebagai pembicara dan pendengar, dimana pembicara membuat kesimpulan dari materi yag akan disampaikan, dan pendengar akan menyimak, mengoreksi. 
  • Menurut Kurniasih dan Sani (2015), kooperatif tipe script adalah model pembelajaran berpasang-pasangan dan masing-masing individu dalam pasangan yang ada mengintisarikan materi-materi yang telah dipelajari.

Prinsip-prinsip Kooperatif Tipe Script 

Pembelajaran kooperatif tipe script melatih siswa untuk dapat berpartisipasi aktif dan berkomunikasi. Kemampuan ini sangat penting sebagai bekal mereka dalam kehidupan di masyarakat kelak. Oleh sebab itu, sebelum melakukan kooperatif script, guru perlu membekali siswa dengan kemampuan berkomunikasi, yaitu kemampuan mendengarkan dan kemampuan berbicara. Adapun prinsip-prinsip dalam model pembelajaran kooperatif tipe script adalah: 

  1. Siswa memiliki tanggung jawab terhadap siswa lain dalam kelompoknya, disamping tanggung jawab terhadap diri sendiri dalam mempelajari materi yang dihadapi. 
  2. Siswa harus berpandangan bahwa mereka semuanya memiliki tujuan yang sama.
  3. Siswa harus berbagi tugas dan berbagi tanggung jawab, sama besarnya diantara para anggota kelompok. 
  4. Siswa akan diberi suatu evaluasi atau penghargaan yang akan ikut berpengaruh terhadap evaluasi seluruh anggota kelompok. 
  5. Siswa berbagi kepemimpinan, sementara mereka memperoleh ketrampilan bekerja sama selama belajar. 
  6. Siswa akan diminta mempertanggungjawabkan secara individual materi yang dipelajari dalam kelompok kooperatif.

Langkah-langkah Kooperatif Tipe Script 

Menurut Riyanto (2009), langkah-langkah dalam pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe script dijelaskan sebagai berikut: 

  1. Guru membagi siswa untuk berpasangan. 
  2. Guru membagiakan wacana/materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan. 
  3. Guru dan siswa menetapkan siapa yag berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar. 
  4. Pembicara membacakan ringkasan selengkap mungkin dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya, sementara pendengar: a) Menyimak, mengoreksi atau melengkapi ide-ide pokok yang kurang lengkap, dan b) Membantu mengingat ataupun menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi lainnya. 
  5. Bertukar peran, semula yang berperan sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Kemudian lakukan seperti kegiatan tersebut di atas. 
  6. Merumuskan kesimpulan bersama-sama siswa dan guru. 
  7. Penutup.

Kelebihan dan Kekurangan Kooperatif Tipe Script 

Setiap model atau metode pembelajaran biasanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, begitu juga dengan pembelajaran kooperatif tipe script. Menurut Suprijono (2014), kelebihan dan kekurangan model pembelajaran kooperatif tipe script adalah sebagai berikut:

a. Kelebihan 

Kelebihan atau keunggulan model pembelajaran kooperatif tipe script adalah:

  1. Dapat menumbuhkan ide-ide atau gagasan baru, daya berpikir kritis, serta mengembangkan jiwa keberanian dalam menyampaikan hal-hal baru yang diyakini benar. 
  2. Mengajarkan siswa untuk percaya kepada guru dan lebih percaya lagi pada kemampuan sendiri untuk berpikir, mencari informasi dari sumber lain, dan belajar dari siswa lain. 
  3. Mendorong siswa untuk berlatih memecahkan masalah dengan mengungkapkan idenya secara verbal dan membandingkan ide siswa dengan ide temannya. 
  4. Membantu siswa belajar menghormati siswa yang pintar dan siswa yang kurang pintar serta menerima perbedaan yang ada. 
  5. Memotivasi siswa yang kurang pandai agar mampu mengungkapkan pemikirannya. 
  6. Memudahkan siswa berdiskusi dan melakukan interaksi sosial. 
  7. Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif.

b. Kekurangan 

Kekurangan atau kelemahan model pembelajaran kooperatif tipe script adalah:

  1. Ketakutan beberapa siswa untuk mengeluarkan ide karena akan dinilai oleh teman dalam kelompoknya. 
  2. Ketidakmampuan semua siswa untuk menerapkan strategi ini, sehingga banyak waktu yang akan tersita untuk menjelaskan mengenai strategi pembelajaran ini. 
  3. Keharusan guru untuk melaporkan setiap setiap penampilan siswa dan tiap tugas siswa untuk menghitung hasil prestasi kelompok, dan ini bukan tugas yang sebentar. 
  4. Kesulitan membentuk kelompok yang dapat bekerja sama dengan baik. 
  5. Kesulitan menilai siswa sebagai individu karena mereka berada dalam kelompok.

Daftar Pustaka

  • Hajaryanti dan Kuraedah, St. 2018. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script. Jurnal Al-Ta'dib 11, No.1.
  • Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Issu-issu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  • Hadi, Amirul. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
  • Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.
  • Riyanto, Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  • Suprijono. 2014. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

PERHATIAN
Jika ingin mengcopy-paste referensi dari KajianPustaka.com, mohon untuk menambahkan sumber rujukan di daftar pustaka dengan format berikut:
Riadi, Muchlisin. (). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script. Diakses pada , dari https://www.kajianpustaka.com/2023/02/model-pembelajaran-kooperatif-tipe-script.html