Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

4 Kelebihan Asuransi Rangka Kapal

Kecelakaan bukan hanya terjadi di jalur darat saja tetapi sering juga terjadi di jalur laut. Sudah banyak kapal laut yang mengalami kecelakaan baik itu kecelakaan tunggal maupun melibatkan kapal laut lainnya.

4 Kelebihan Asuransi Rangka Kapal

Pemilik kapal yang tidak ingin repot mengurus perbaikan kapal sebaiknya gunakan asuransi rangka kapal karena asuransi ini bisa memberikan berbagai macam manfaat untuk pemilik kapal. Jenis asuransi ini juga memiliki banyak sekali kelebihan yang bisa dilihat ulasannya berikut ini.

Keunggulan Asuransi Rangka Kapal

Pemilik kapal yang ingin mengasuransikan kapalnya tidak perlu merasa bingung karena banyak perusahaan asuransi di Indonesia yang sudah menawarkan jenis asuransi seperti ini. 

Sebelum pemilik kapal memutuskan untuk memilih asuransi sebaiknya pelajari terlebih dahulu keunggulan asuransi ini dengan membaca ulasan singkat yang ada di bawah ini.

Menjamin Kerugian Kerusakan Kapal

Kapal laut yang rusak sudah pasti harus diperbaiki dan untuk memperbaiki kapal membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Agar tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk biaya perbaikan kapal maka pemilik kapal harus menggunakan asuransi kapal. 

Asuransi ini akan mengcover biaya kerusakan kapal secara total asalkan kerusakan kapal bukan dikarenakan kesengajaan pemilik kapal. Pihak asuransi akan langsung mengganti biaya tersebut setelah pemilik kapal mengajukan klaim asuransi.

Melindungi Kapal Dari Bencana Alam

Saat mengendarai kapal untuk mengantar penumpang atau untuk mencari ikan ada kalanya mengalami bencana alam saat berada di tengah laut atau saat berada di pelabuhan. Bencana alam seperti tsunami atau angin topan merupakan bencana alam yang dapat merusak kapal. 

Kerusakan yang terjadi karena bencana alam seperti ini juga bisa dijamin perbaikannya oleh pihak asuransi. Biaya perbaikan sampai akhirnya kapal kembali normal kondisinya sepenuhnya ditanggung asuransi rangka kapal.

Menjamin Kehilangan Kapal

Asuransi bukan hanya mengganti biaya untuk perbaikan tetapi juga akan mengganti rugi apabila kapal yang diasuransikan hilang karena dicuri atau hilang karena tenggelam di laut lepas. Pemilik kapal yang kehilangan kapalnya pasti akan merasa bingung karena harga kapal cukup mahal. 

Akan tetapi kalau sudah menggunakan asuransi tidak terlalu bingung karena perusahaan asuransi membantu untuk mengganti kerugian atas kehilangan tersebut secara cepat.

Proses Klaim Yang Mudah dan Cepat

Pemilik kapal yang baru pertama kali menggunakan asuransi jangan merasa bingung kalau ingin mengajukan klaim karena proses klaim untuk jenis asuransi ini terbilang sangat mudah.

Untuk yang ingin klaim asuransi bisa langsung hubungi perusahaan asuransi untuk menanyakan tata cara klaim yang benar. 

Pemilik kapal cukup disediakan semua syarat yang diminta perusahaan asuransi agar nantinya perusahaan bisa langsung memproses pengajuan klaim tersebut.

Tips Memilih Asuransi Kapal

Agar tidak rugi sudah mengeluarkan uang untuk membayar premi sebaiknya pemilik kapal harus memilih asuransi berdasarkan beberapa hal diantaranya adalah resiko yang dapat dijamin pihak asuransi. Pemilik kapal harus memastikan asuransi yang dipilih bisa mencakup semua risiko yang dibutuhkan contohnya risiko kerusakan karena kecelakaan, bencana alam dan pencurian.

Selain itu, perhatikan reputasi perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi rangka kapal. Perusahaan yang harusnya dipilih adalah perusahaan yang memiliki reputasi bagus dengan dibuktikan adanya testimoni positif yang diberikan nasabah perusahaan asuransi. 

Kalau perusahaan asuransi sudah bagus reputasinya pasti pelayanan yang diberikan perusahaan sangat memuaskan. Jika sudah menemukan perusahaan asuransi yang seperti itu bisa langsung memilih salah satu paket asuransi yang ditawarkan perusahaan.

PERHATIAN
Jika ingin mengcopy-paste referensi dari KajianPustaka.com, mohon untuk menambahkan sumber rujukan di daftar pustaka dengan format berikut:
Riadi, Muchlisin. (). 4 Kelebihan Asuransi Rangka Kapal. Diakses pada , dari https://www.kajianpustaka.com/2023/12/4-kelebihan-asuransi-rangka-kapal.html