Teknik Permainan Sepakbola


Pengertian Permainan Sepakbola

Teknik Permainan Sepakbola
Ilustrasi Permainan Sepakbola
Sepakbola adalah cabang olahraga permainan yang pelaksanaan permainannya memiliki gerakan yang cukup kompleks. Dalam pelaksanaan permainan sepakbola, setiap pemain dituntut selalu bergerak sambil memainkan teknik dasar bermain sepakbola yang dilakukan dalam waktu cukup lama yaitu 2 X 45 menit.

Berkaitan dengan permainan sepakbola (Muchtar, 1992:81) menyatakan: Sepakbola merupakan permainan yang menggunakan waktu 2 x 45 menit. Selama waktu satu setengah jam tersebut, pemain dituntut untuk senantiasa bergerak. Dan bukan hanya sekedar bergerak, namun dalam bergerak tersebut masih melakukan berbagai gerak fisik lainnya seperti berlari sambil menggiring bola, berlari kemudian harus berhenti tiba-tiba, berlari sambil berbelok 90 derajat, bahkan 180 derajat. Melompat meluncur (sliding) beradu badan (body-charge), bahkan terkadang berlanggar dengan pemain lawan dalam kecepatan tinggi. Semua ini menuntut kualitas fisik pada tingkat tertentu, untuk dapat memainkan bola tersebut dengan baik.

Kemampuan fisik yang prima merupakan komponen penting dalam permainan sepakbola. Dengan kemampuan fisik yang prima akan sangat membantu penampilannya dalam bermain sepakbola. Selain itu, dengan kemampuan fisik yang baik akan membantu dalam menguasai teknik dasar bermain sepakbola. Oleh karena itu, kemampuan fisik yang terdiri atas berbagai unsur merupakan syarat mutlak dalam sepakbola dan harus dimiliki setiap pemain sepakbola.

Gerakan Permainan Sepakbola

Ditinjau dari pelaksanaan permainan sepakbola bahwa, gerakan-gerakan yang terjadi dalam permainan sepakbola adalah gerakan-gerakan dari badan dan macam-macam cara memainkan bola. Gerakan badan dan cara memainkan bola adalah dua komponen yang saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan dalam pelaksanaan permainannya.

Gerakan-gerakan badan maupun cara memainkan bola terangkum dalam teknik dasar bermain sepakbola. Seperti dikemukakan (Muchtar, 1992:27) bahwa, Berdasarkan gerakan-gerakan yang terjadi dalam permainan sepakbola, teknik sepakbola dibagi atas teknik badan dan teknik bola.

Hal senada dikemukakan (Abdoellah, 1981: 416) bahwa: Unsur-unsur untuk dapat bermain sepakbola secara baik sebenarnya sangat kompleks, karena unsur satu dengan yang lain sangat erat hubungannya dan sukar untuk dipisah-pisahkan. Pada garis besarnya teknik sepakbola dapat dibagi menjadi dua yaitu:
  1. Body technics, ialah gerakan-gerakan dalam sepak bola tetapi tanpa menggunakan bola.
  2. Teknik dengan bola ialah gerakan-gerakan sepakbola dengan menggunakan bola.
Teknik badan atau teknik tanpa bola pada dasarnya bertujuan mengembangkan kemampuan fisik untuk mencapai kesegaran jasmani (physical fitness) agar dapat bermain sepakbola dengan sebaik-baiknya.
Menurut (Soekatamsi, 1995:16) unsur-unsur gerakan tanpa bola terdiri dari:
  1. Lari cepat dan mengubah arah, 
  2. Melompat dan meloncat,  
  3. Gerak tipu tanpa bola.
  4. Gerakan-gerakan khusus penjaga gawang

Keterampilan Permainan Bola

Kemampuan seorang pemain dalam memainkan bola akan sangat membantu penampilannya dalam bermain sepakbola. Oleh karena itu, setiap pemain harus mempelajari unsur-unsur teknik dengan bola secara seksama. Unsur-unsur teknik dengan bola menurut (Luxbacher, 1997: 213) adalah:
  1. Keterampilan mengoper bola.
  2. Keterampilan menerima bola.
  3. Keterampilan menggiring dan melindungi bola.
  4. Keterampilan mentakle bola.
  5. Keterampilan heading.
  6. Keterampilan menembak.
  7. Keterampilan menyundul bola.
  8. Keterampilan menjaga gawang.
Unsur teknik tanpa bola dan unsur teknik dengan bola pada prinsipnya memiliki keterkaitan yang erat dalam pelaksanaan bermain sepakbola. Kedua teknik tersebut saling mendukung dan saling berhubungan. Kedua teknik dasar tersebut harus mampu diperagakan atau dikombinasikan di dalam permainan menurut kebutuhannya. Kualitas dan kemampuan teknik yang baik akan mendukung penampilan seorang pemain dan kerjasama tim. Semakin baik penguasaan teknik yang dimiliki memberi peluang untuk memenangkan pertandingan.

Daftar Pustaka

  • Abdoellah Arma. 1981. Olahraga untuk Perguruan Tinggi. Jakarta. PT. Sastra Husada.
  • Luxbacher A.Joseph 1997. Sepakbola  Langkah-Langkah Menuju Sukses. Alih Bahasa . Agusta Wibawa. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
  • Muchtar Remmy. 1992. Olahraga Pilihan Sepakbola. Jakarta: Depdikbud. Dirjendikti. Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
  • Soekatamsi. 1988. Teknik Dasar Bermain Sepakbola. Surakarta: Tiga Serangkai.
Jangan lupa membagikan referensi ini jika bermanfaat

Terimakasih