Permainan Tenis

Konsep Dasar Permainan Tenis

Permaian Tenis
Ilustrasi Permaian Tenis
Tennis adalah salah satu cabang permainan bola kecil. Olahraga ini mempunyai lapangan berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran panjang 23,77 m dan ukuran lebar ada dua yaitu untuk lebar lapangan tunggal 8,23 m dan untuk lapangan ganda lebarnya 10,97 m. Lapangan terbagi menjadi dua bagian yang sama panjang dengan dipisahkan oleh net yang melintang ditengah-tengah lapangan dengan tinggi dibagian tengah 91,4 m, dan pada tiap-tiap tiang net 1,067 m. Permainan ini di lakukan di atas lapangan dengan permukaan keras (hard court), tanah liat (gravel), maupun lapangan rumput (grass court).

Cara bermain tenis, sejak permainan tenis dimulai pada abad XIV, jauh berbeda dengan cara bermain sekarang. Para ahli mempelajari gerak-gerik pemain-pemain, sehingga lambat laun dikembangkan cara-cara yang digunakan sekarang untuk menggerakkan anggota badan secara wajar. Bermain tenis bukan hanya sekedar memukul bola agar melintasi net dan menjatuhkannya dalam batas-batas permainan tenis, melainkan untuk melakukan pukulan terhadap bola dengan ringan, memukul bola dengan berirama dan menjaga keseimbangan badan.

Olahraga tenis juga merupakan suatu permainan yang memerlukan kecepatan kaki, ketepatan yang terkendali, stamina, antisipasi, ketepatan hati (determination) dan kecerdikan. Meskipun demikian, jika anda lemah pada salah satu dari segi-segi tersebut, masih ada kemungkinan untuk menutupinya dengan memperkuat diri pada segi-segi yang lain agar seimbang.

Tujuan bermain tenis adalah memukul bola kedalam lapangan lawan dengan teknik-teknik yang baik dan benar. Untuk dapat menghasikan pukulan sesuai dengan yang diharapkan maka harus seorang pemain harus menguasai teknik-teknik dasar dan teknik-teknik pukulan dengan baik.

Teknik Bermain Tenis

Dalam permainan tenis, teknik dasar merupakan tehnik penentu bagi kelanjutan keberhasilan dalam menguasai permaina tenis. Tehnik pukulan dasar harus dipelajari, dimengerti, diketahui dan dilatih dengan benar, sehingga dapat menghindari kesalahan pada saat memukul bola dalam bermain tenis. Agar dapat bermain dengan baik dan benar ada bermacam-macam jenis pukulan yang harus dikuasai, sehingga dapat mencapai prestasi optimal sesuai yang diharapkan.

Teknik dasar dalam permainan tenis yaitu meliputi pegangan/grip, sikap berdiri, ayunan raket, kontak poin, foot work. Pegangan dalam tenis menurut Yudoprasetio (1981:13) ada tiga cara, yaitu cara memegang dari Amerika bagian timur (disebut eastern grip), cara memegang dari Eropa (disebut continental grip) dan cara Amerika sebelah barat (disebut western grip). Sedangkan teknik pukulan dalam tenis merupakan teknik paling utama karena untuk bermain tenis harus memukul bola dengan raket.

Pukulan dalam permainan tenis menurut Katili (1977:21) pukulan tenis dapat dibagi dalam tiga kategori, yaitu ground stroke, voli, dan overhead strokes. Yang tergolong dalam pukulan overhed strokes adalah servis dan smash. Sedangkan menurut Magheti (1990:32) menyatakan bahwa pukulan dalam tenis dibedakan menjadi empat macam yaitu service, forehand drive, backhand drive, dan volley. Lardner (1996:35) juga berpendapat bahwa ada enam macam pukulan dasar dalam permainan tenis yaitu : forehand, backhand, service, volley, lob dan smash.

Daftar Pustaka

  • B. Yudoprasetyo 1981. Belajar Tenis Jilid I, Jakarta Bhatara Karya Aksara.
  • Katilli, A. A.1977. Olahraga tenis, jakarta : Yayasan merpati
  • Lardner, Rex 1992 . Teknik Dasar Tenis ,Semarang: Dahara Prize.
  • Magheti, Bey. 1990, Tenis Para Bintang, Bandung : CV Pionir jaya